Arus kendaraan di jalur bypass Mojokerto yang biasanya semakin padat saat malam pergantian tahun.


Catat, Ini Pengalihan Lalin di Mojokerto Raya Saat Malam Tahun Baru
Catat, Ini Pengalihan Lalin di Mojokerto Raya Saat Malam Tahun Baru IM.com – Masyarakat yang berniat merayakan pergantian tahun di Kota Mojokerto, Senin malam (31/122018) nanti sebaiknya mengetahui pengalihan arus lalu lintas dan penutupan beberapa jalur. Satu titik yang dipastikan akan dilokalisir yakni Alun-Alun Kota Mojokerto yang biasanya dijadikan tempat berkumpul ribuan masyarakat di setiap malam pergantian tahun.

Satlantas Polres Mojokerto Kota menutup sejumlah akses jalan menuju ke alun-alun. Yakni Jalan Hayam Wuruk depan kantor PMI dan Kodim, serta Jalan A Yani depan kantor Bupati Mojokerto.

“lun-alun disterilkan. Pengunjung yang mau masuk harus memarkir kendaraannya di Jalan A Yani dan depan Kodim atau PMI,” kata Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Sat Lantas Polresta Mojokerto Ipda Safiq Jundhira, Senin (31/12/2018).

Selain alun-alun, pusat perbelanjaan dan sentra kuliner di Jalan Benteng Pancasila (Benpas), Kota Mojokerto juga disiapkan untuk perayaan malam tahun baru. Menurut Safiq, Jalan Benpas akan dibuka satu arah.

“Pengunjung hanya bisa masuk melalui Jalan Gajah Mada, lalu belok ke kiri di simpang tiga pos Benpas,” ujar Safiq.


Sementara pengunjung yang menuju Benpass dari Jalan Empunala harus memutar lewat Jalan Gajah Mada. Pasalnya malam ini, lajur sisi selatan Jalan Benpas digunakan untuk parkir kendaraan.

“Akses jalan masuk ke kota juga akan ditutup total mulai pukul 21.00 atau 22.00 WIB,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Satlantas Polres Mojokerto Kota mengimbau warga khususnya para pemuda agar tidak menggelar konvoi kendaraan bermotor di Kota Onde-Onde. Apalagi pengendara yang menggunakan knalpot brong, akan langsung ditilang.

“Kam akan terjunkan dua personel untuk menjaga setiap simpul jalan. Kalau ada kendaraan memakai knalpot brong dan ban kecil, pasti kami tilang, langsung kami sita,” tegas Safiq.

Pengalihan arus selama malam pergantian tahun juga akan dilakukan Polres Kabupaten Mojokerto. Beberapa akses jalan yang menuju ke Kota Mojokerto seperti simpang 5 Kenanten, simpang 4 Mertex, simpang Tugu UKS, serta simpang 4 SPMA akan ditutup total.

“Semua kendaraan menuju ke dalam kota dialihkan ke Simpang Tiga Jampirogo,” tambah Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Mojokerto Ipda Irwan Prakoso.

Irwan mengatakan, masyarakat yang hendak bermalam tahun baruaa di kecamatan Mojosari atau menuju tempat wisata Pacet dan Trawas juga harus mengantisipasi pusat-pusat keramaian. Pihaknya menghimbau agar pengguna jalan sebaiknya menghindari sejumlah titik di Kecamatan Mojosari seperti Jalan Gajah Mada, Jalan Pemuda, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Masjid, Jalan Niaga, dan Jalan Pahlawan.

“Kendaraan dari arah Surabaya dan Sidoarjo yang masuk ke Jalan Pemuda akan dialihkan ke kiri melalui Jalan Kartini. Di Simpang Empat Panjer, kendaraan akan diarahkan ke kiri melalui jalur Mojokerto-Pasuruan hingga Simpang Tiga Bedagas,” tutur Irwan.

Kemudian, kendaraan dari Simpang Tiga Bedagas diarahkan ke kanan menuju ke Simpang Empat Habibi. Pengendara tinggal belok ke kiri dan lurus menuju ke kawasan wisata Trawas atau dari Simpang Habibi lurus ke barat untuk ke kawasan wisata Pacet.

“Pengguna jalan yang turun dari Pacet nanti semuanya dialihkan di Simpang Tiga Karina belok ke kiri, melalui Gondang, Dlanggu dan tembus di jalur Mojokerto-Pasuruan,” tutupnya. (tik/im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here