Cerdas Cegah Penyebaran Hoax di Medsos
Siswa SMK di Kabupaten dan Kota Mojokerto bisa merasakan program pendidikan gratis dan berkualitas dari Pemprov Jatim melalui dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) total Rp 9,2 miliar.

IM.com – Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) senilai total Rp 9 miliar untuk SMA/SMK swasta se-Kabupaten dan Kota Mojokerto telah cair. Dana bantuan tersebut dari Pemerintah Jatim tersebut diterima SMA/SMK se-Mojokerto pada medio November 2019.

Dana bantuan itu ditransfer langsung ke rekening 16 SMA/SMK di Kota Mojokerto dan 105 lembaga di Kabupaten Mojokerto. Bantuan itu khusus untuk menutup biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) siswa sebagaimana tertuang dalam SE Gubernur Jatim tentang SPP SMA dan SMK.

“Dana langsung ditransfer ke rekening sekolah. Totalnya, BPOPP SMA/SMK swasta sebesar Rp 9,02 miliar,” kata Kasi Pendidikan Menengah dan PK-LK Cabang Dinas Pendidkan Wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto Muhammad Suwanto.

Meski akhirnya cair, penyaluran dana BPOPP itu molor dua bulan. Dana bantuan bagian dari program pendidikan Gratis dan Berkualitas (Tistas) dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa itu seharusnya cair pada triwulan III atau periode Juli-September 2019.


Sementara dana serupa untuk SMA/SMK negeri sudah cair sesuai jadwal pada bulan September lalu. Suwanto menyatakan, keterlambatan dana BPOPP itu karena ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi setiap lembaga swasta.

“Seperti izin operasional sekolah, pembuatan rekening atas nama lembaga, pakta integritas hingga kartu identitas kepala sekolah,” ungkapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here