Kabupaten Mojokerto Memasuki Era Giga
Pemkab Mojokerto sedang membangun jaringan fiber optik yang menjangkau seluruh perangkat daerah dijajarannya

IM.com – Command Center Kabupaten Mojokerto sudah bisa difungsikan setelah diresmikan bertepatan pada Tasyakuran Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-727 tahun 2020, Sabtu (9/5-2020) sore oleh Bupati Mojokerto Pungkasiadi di Griya Wira Bhakti Praja Rumdin Bupati Mojokerto.

Command Center Kabupaten Mojokerto yang dilengkapi peralatan mutakhir akan difungsikan sebagai tempat teleconference untuk rapat, dengan instansi vertikal maupun horizontal.

Ini keberhasilan Pemerintah Kabupaten Mojokerto, dalam mewujudkan pemerintahan berbasis i-Government (Integrated Government)

Hadirnya Command Center juga bersandar pada Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem pemerintahan Berbasis Elektronik (disingkat SPBE), yang merupakan tonggak transformasi dari era e-Government (Electronic Government) menuju i-Government.


“Dalam i-Government sendiri, tentu diperlukan sebuah tempat dimana pengambil keputusan dapat memantau segala hal dan mendapatkan data yang akurat secara realtime, apalagi dalam situasi gawat darurat Covid-19 seperti saat ini. Untuk itulah kita bangun dan hari ini mulai kita jalankan Command Center Kabupaten Mojokerto,” kata Bupati Pungkasiadi dalam prosesi launching.

Bupati Pungkasiadi optimis Command Center Kabupaten Mojokerto akan mampu menumbuhkan kultur digital di masyarakat.

“Saat ini kita sedang membangun jaringan fiber optik yang menjangkau seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Mojokerto. Jaringan ini, yang dalam SPBE dikenal sebagai “Jaringan Intra Pemerintah”, akan kita fasilitasi dengan Bandwidth Internet 1.000 Megabit atau 1 Gigabit. Jadi, Kabupaten Mojokerto sudah memasuki era Giga, sudah tidak Mega lagi,” tambah bupati. (uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here