Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Randy mengikuti donor plasma darah konvalesen untuk pasien Covid-19 di halaman Mapolres, Kamis (21/1/2021).

IM.com – Polres Mojokerto bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto dan Sidoarjo melayani donor darah plasma konvalesen. Layanan ini menjadi penyintas untuk sedikit membantu menyelamatkan nyawa warga Mojokerto yang berperang melawan COVID-19.

Donor plasma darah konvalesen dianggap efektif menyembuhkan pasien corona. Dengan demikian, pemerintah mengimbau agar para pasien sembuh COVID-19 menyumbangkan plasma darahnya untuk pasien COVID-19.

Polres Mojokerto menyediakan tenda khusus di halaman Mapolres Mojokerto untuk pengambilan plasma darah. Kepolisian juga membentuk satgas donor plasma konvalesen yang terdiri dari PMI, TNI dan Polri.

Satgas akan mendata pasien sembuh dan warga terpapar COVID-19 yang ingin mendonorkan serta membutuhkan donor plasma konvalesen di wilayah hukum Polres Mojokerto.

Pembentukan satgas donor plasma konvalesen itu ditandai dengan apel bersama yang diikuti TNI Polri, Dinas Kesehatan dan PMI di halaman Mapolres Mojokerto yang dipimpin langsung oleh Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander.

“Setelah diambil darahnya akan diuji di Sidoarjo, kemudian Sidoarjo akan memberikan surat pemberitahuan kepada kita untuk penarikan atau pun juga pendonoran plasma darah tersebut. Sehingga Mojokerto nantinya mempunyai plasma darah konvalesen yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan,” kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony  Alexanker usai apel bersama para Satgas donor plasma darah, Kamis (21/1/2021).

Menrutunya, plasma darah konvalesen tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan atau yang masih berjuang dalam melawan COVID-19 secara gratis.

Dony menjelaskan, berdasar hasil survei, donor plasma konvalesen sangat efektif untuk membantu pasien COVID-19 dalam proses kesembuhan. Sehingga nantinya plasma darah konvalesen yang sudah terkumpul akan dilakukan skrining.

“Dari survei yang sudah kita laksanakan bersama dari Jakarta, Yogyakarta dan Malang, ini sangat efektif sekali untuk membantu kesembuhan masyarakat yang menderita dan masih berjuang dalam proses kesembuhan dari COVID-19,” terangnya.

Donor darah plasma konvalesen ini tidak berhenti hari ini saja, satgas donor plasma konvalesen akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta PMI untuk mendata para penyitas COVID-19 yang ada di wilayah hukum Polres Mojokerto

“Nantinya akan dikumpulkan dan diberikan semangat dan peningkatan moral untuk sama-sama membantu sesama dengan mendonorkan plasma darah konvelesen,” terangnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here