Danrem 082/CPYJ Selamatkan 33 Batu Situs Purbakala di Trowulan
Penemuan bebatuan purbakala berjumlah 33 buah ini merupakan hasil penggalian di Pendopo Agung Trowulan akan dijadikan tempat wisata budaya dan edukasi sehingga perlu diadakan pembenahan di sekitar pendopo agung

IM.com – Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto menyiapkan skema pemindahan 33 batu purbakala yang berserakan di Komplek Pendopo Agung Trowulan di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojolerto, Selasa (26/ 01/2021).

Pemindahan situs purbakala ini sudah berkoordinasi dengan Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur terkait dengan penemuan bebatuan purbakala tersebut.

“Bebatuan purbakala berserakan di komplek Pendopo Agung Trowulan menjadi tanggung jawab Kodam V/Brawijaya dalam hal ini Korem 082/CPYJ sebagai penanggung jawab pengawasan dan pemeliharaan sehari-hari,” kata Danrem.

Penemuan bebatuan purbakala berjumlah 33 buah ini merupakan hasil penggalian di Pendopo Agung Trowulan akan dijadikan tempat wisata budaya dan edukasi sehingga perlu diadakan pembenahan di sekitar pendopo agung.

“Selanjutnya Korem 082/CPYJ berkoordinasi dengan BPCB Jawa Timur menempatkan batu purbakala di dalam komplek Pendopo Agung Trowulan agar memudahkan pengawasan dan menjamin keamanan benda purbakala dari orang yang tidak bertanggung jawab,” tandas Danrem.

Nonuk Kristiana dari BPCB Jawa Timur menyampaikan, penemuan bebatuan purbakala di sekitar Pendopo Agung Trowulan terdiri 5 umpak, 1 batu  monilit dan 27 batuan candi. Umpak merupakan landasan tiang penyangga bangunan berkontruksi dari kayu.

Nonuk berterimakasih kepada Komandan Korem 082/CPYJ yang sangat peduli benda-benda bersejarah. “Benda-benda tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai sarana edukasi sejarah bagi masyarakat,” ujarnya. (penrem 082)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here