Korem 082/CPYJ Gelar Sosialisasi Pembinaan Wawasan Kebangsaan

IM.com – Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto buka Acara Sosialisasi Pembinaan Wawasan Kebangsaan diikuti oleh Kasrem 082/CPYJ Letkol Arm Beni Sutrisno S. Sos, para Kasi Korem 082//CPYJ, Perwakilan Tokoh Agama, Perwakilan Tokoh Adat, Perwakilan Keluarga Besar Tentara, Perwakilan Wiraswasta dan Para Pelajar SMA/SMk/MA sederajat, bertempat di Aula Makorem 082/CPYJ Jalan Veteran No 3 Kota Mojokerto, Rabu, (24/03/2021).

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam suasana pembaruan ini menjadi semakin penting untuk dicermati, dikarenakan oleh besarnya pengaruh budaya, pandangan hidup, sistem politik, tata nilai dan sistem ekonomi yang berkembang dalam tata kehidupan masyarakat Indonesia sekarang ini.

Perlu disadari pengaruh kehidupan global tidak sepenuhnya sesuai dengan tata nilai Bangsa Indonesia, bahwa masuknya budaya asing perlahan tapi pasti justru dapat memudarkan rasa kebangsaan, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pengaruh ini sulit untuk dicegah sebagai akibat dari kemajuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK ), karena itu perlu diadakannya suatu kegiatan yang bersifat pembinaan dalam hal wawasan kebangsaan kepada segenap komponen bangsa dengan harapan, agar seluruh komponen bangsa senantiasa mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa serta mengedepankan kepentingan dan keselamatan bangsa dari pada kepentingan pribadi atau kelompok,”ujar Danrem.

Sementara itu Kasiter Korem 082/CPYJ Mayor Inf Andri Risnawan, sebagai Nara Sumber kegiatan ini menyampaikan,” Wawasan Kebangsaan merupakan konsep Bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah yang meliputi tanah (Darat), Air (Laut) termasuk dasar laut dan Udara diatasnya secara tidak terpisahkan, yang mempersatukan Bangsa dan Negara secara menyeluruh mencakup segenap kehidupan nasional yang meliputi aspek Ekonomi, Politik, Sosial Budaya dan Hankam,”ujarnya. (penrem 082)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here