Satreskrim Polres Mojokerto telah memasah garis polisi yang melingkari lokasi kuburan janin bayi di Tempat Pemakaman Dusun Tuwiri, Desa Seduri, Kecamatan Mojosari.

IM.com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mojokerto turun tangan menyelidiki temuan janin bayi terbungkus plastik yang dikubur di tempat pemakaman Dusun Tuwiri RT 2 RW 10 Desa Seduri, Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Sabtu (1/5/2021) lalu. Tiga tim diterjunkan untuk mengusut pelaku penguburan dan orang tua si bayi.

Tim Satreskrim bersama Polsek Mojosari telah memeriksa 10 orang saksi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Namun petugas belum masih mempertimbangkan penggalian makam janin tersebut.

“Untuk pembongkaran makam janin tersebut masih dalam pertimbangan, lihat perkembangan situasi. Kami akan memastikan dulu orang tua bayi tersebut siapa?,” kata Kasat Reskrim Polres Mojokerto, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo, Senin (3/5/2021).

Kejadian janin bayi dikubur terungkap dari kesaksian dua bersaudara warga Dusun Tuwiri, Desa Seduri, Kecamatan Mojosari ketika melewati tempat pemakaman umum setempat. Mereka melihat ada tiga remaja laki-laki dan seorang perempuan yang sedang mengubur sesuatu.

Salah satu saksi kemudian menceritakan hal itu kepada pamannya, Wahyu Afriliyan (34). Setelah mendengar cerita itu, Wahyu bersama kakaknya bergegas mendatangi makam dan melihat ada gundukan tanah yang terlihat baru saja diuruk.

“Saya mengajak kakak menggali kuburan baru itu sampai sekitar 30 cm menemukan ada bungkusan plastik kresek hitam,” ujar Wahyu. ‘

Menurut Wahyu, plastik kresek itu terlihat masih baru. Saat dibuka, isinya ternyata janin bayi yang dibungkus dua plastik bening dengan kondisi tubuh masih utuh dan berlumuran darah dalam posisi melingkar.

“Tangannya ada di atas. Jenis kelamin belum tahu,” ungkapnya.

Penemuan ini langsung dilaporkan ke perangkat Dusun Tuwiri dan diteruskan ke Polsek Mojosari. Warga juga meletakkan kembali janin bayi beserta plastik dan kresek hitam yang membungkusnya di dalam lokasi semula.

Kapolsek Mojosari Kompol Heru Purwandi mengatakan, berdasar laporan warga, penguburan janin bayi itu terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satreskrim dan meluncur ke lokasi sekitar pukul 22.00 WIB.

“Kami mengamankan TKP dan meminta keterangan dari pelapor juga beberapa saksi yang ada di lokasi,” ujarnya.

Polisi sudah mengamankan TKP kuburan yang di dalamnya masih terdapat janin bayi tersebut di makam Dusun Tuwiri Desa Seduri, Kecamatan Mojosari. Petugas Polisi memasang police line  yang mengelilingi kuburan janin tersebut. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here