Pelantikan Gaguk Tri Prasetya sebagai Sekda Kota Mojokerto di Pendopo Sabha Kridha Tama Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Rabu (4/8/2021) pagi.

IM.com – Jabatan definitif Sekretaris Daerah Kota Mojokerto yang sempat lowong selama beberapa bulan akhirnya terisi. Adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gaguk Tri Prasetya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) yang percaya Walikota Ika Puspitasari untuk menduduki kursi pucuk pimpinan birokrasi Pemkot.

Gaguk terpilih di antara empat kandidat –tiga calon yang lolos- seleksi lelang jabatan Sekdakot beberapa waktu lalu. Pejabat yang memulai karir dari Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan itu dilantik oleh Walikota Ika Puspitasari di Pendopo Sabha Kridha Tama Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Rabu (4/8/2021) pagi.

“Sekdakot yang terpilih hari ini telah melalui tahapan seleksi terbuka sesuai mekanisme yang dimulai sejak tanggal 24 Mei hingga 14 Juni 2021,” kata Ika Puspitasari.

Walikota yang akrab dipanggil Ning Ita menjelaskan, Sekda menjadi ujung tombak  yang sangat penting bagi roda birkorasi pemerintahan daerah. Karena fungsi dan peran jabatannya sebagai Katalisator, Dinamisator dan Motivator.


“Orang yang menduduki jabatan Sekda akan sangat menentukan akan maju mundurnya kegiatan pemerintahan. Karena sosok inilah yang mengendalikan, mengelola dan memberdayakan perangkat organisasi,” tukasnya.

Ia mengibaratkan hubungan Wali Kota dan Sekda ibarat pasangan yang harus selalu selaras dan bersinergi. Sehingga roda pemerintahan bisa berjalan baik dan harmonis menuju tujuan yang diharapkan.

“Harus ada chemistry yang kuat. Jadi nantinya yang mengurusi soal dapur atau botheka’an ya si istri ini, dia harus bisa mengelola dengan baik keuangan keluarga untuk kelangsungan hidup berumah tangga,” tuturnya.

Melihat besar dan sentralnya peran itulah, tak salah jika seorang kepala daerah seperti Ning Ita perlu memilih figur Sekda yang kompeten dan bisa dipercaya penuh untuk memikul tanggung jawab besar. Selain itu, walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto itu juga sangat berharap Gaguk selaku Sekda yang baru dilantik agar selalu memperhatikan perkembangan sosial dan tuntutan masyarakat.

“Masyarakat menuntut pelayanan publik yang lebih profesional, efektif, efisien, terbuka. Apalagi di masa pandemi ini begitu banyak persoalan yang harua dihadapi. Untuk itu diperlukan pejabat danpenyelenggara pemerintahan yang sigap serta memiliki respon yang cerdas, tepat juga bijaksana,” tegasnya.

Sementara itu, Sekdakot Moiokerto baru, Gaguk Tri Prasetyo mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh Kepala OPD di Pemkot Mojokerto untuk memastikan seluruh program-program prioritas yang telah ditetapkan Wali Kota di RPJMD dapat terealisasi.

“Ada banyak program prioritas yang harus segera dilaksanakan. Antara lain penanganan banjir, pengembangan wisata bahari dan penyelesaian masalah aset daerah. Itu yang menjadi prioritas untuk kita tangani,” ungkapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here