Bupati Mojokerto Ikfina didampingi sejumlah Kepala OPD menyerahkan bantuan sosial tunai secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat (KPM) masing-masing sebesar Rp 300 ribu di Kantor Kecamatan Trowulan, Rabu (25/8/2021).

IM.com – Sebanyak 16.070 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Mojokerto menerima bantuan sosial tunasi (BST) yang bersumber dari APBD. Uang tunai sebesar Rp 300 ribu diberikan langsung kepada penerima melalui PT Pos.

BST APBD diserahkan secara simbolis oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Kepala Dinas Sosial Ludfi Ariyono di Pendapa Kantor Kecamatan Trowulan, Rabu (25/8/2021) pagi. Untuk penyaluran bantuan tunai ini, Pemkab Mojokerto menggelontorkan anggaran sebesar total Rp 4.821.000.000.

Bupati menyatakan, BST APBD ini merupakan satu dari sekian banyak bansos, yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Bantuan ini, lanjutnya, sebagai salah satu langkah untuk mengatasi gejolak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Bantuan yang kita kucurkan tidak hanya uang saja seperti BST APBD. Ada juga dalam bentuk barang kebutuhan pokok. Syarat dan ketentuan sudah kita verifikasi dan validasi. Semua datanya sudah cocok, untuk menghindari tumpang tindih. Mengingat bansos ini cukup banyak, jadi data jangan sampai ganda,” kata Ikfina.


Terkait penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Mojokerto, bupati selaku Ketua Satgas Covid-19 mengajak seluruh warga masyarakat untuk ikut bergerak membantu Pemerintah. Caranya dengan terus menaati prokes, mengikuti vaksin, agar tetap bisa hidup produktif dan aman.

“Pengendalian penyebaran covid-19, kunci utamanya dimulai dari diri kita sendiri. Untuk pemulihan ekonomi, Pemerintah terus mengendalikan dengan sistem gas dan rem. Angka sebaran Covid-19 dan perkonomian selalu berkolerasi. Keduanya selalu mengalami naik dan turun. Jika kasus Covid-19 turun, ekonomi kita naik. Begitu juga sebaliknya. Jadi, semuanya tergantung. Maka dari itu, butuh kerja sama antara semua pihak untuk kerja tim dengan baik,” tandas bupati.

Usai menyerahkan BST APBD, Bupati Ikfina didampingi Forkopimda dan Kyai H. Shidiq, bersama-sama meninjau giat serbuan vaksin di Pondok Pesantren Nurul Islam 2 Kecamatan Pungging. Target vaksin kali ini sebanyak 1.500 santri beserta pengasuh, dari kuota 9.678 vaksin. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here