ASN Pemkab Mojokerto dalam apel pagi di halaman Kantor Pemkab, Senin (22/11/2021).

IM.com – Aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto dituntut menerapkan prinsip Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif atau ‘Berakhlak’ dalam setiap melakukan tugas-tugas birokrasi. Azas ini diperkuat dengan motto ‘Bangga Melayani Bangsa’.

Prinsip dan motto bagi abdi negara itu ditegaskan Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya saat melaunching Core Values dan Employer Branding ASN. Tuntutan tersebut ditegaskan lagi oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati kepada para ASN jajaran pemerintahannya  dalam apel pagi di halaman Kantor Pemkab Mojokerto, Senin (22/11/2021).

“Core values ASN ‘Berakhlak’ dengan motto “Bangga Melayani Bangsa” sangat dibutuhkan untuk mewujudkan integritas, profesionalitas dan pengabdian untuk Kabupaten Mojokerto maju, adil dan makmur. Itu adalah pondasi kita untuk berpikir, dalam perilaku dan bekerja,” kata bupati.

Apel kali ini merupakan yang pertama seiring terus melandainya kasus Covid-19 di Kabupaten Mojokerto. Pelaksanaan apel ditata dalam pembagian jadwal 50 persen menggunakan prokes ketat, untuk menghindari kerumunan berlebih.


“Apel pagi ini bagus untuk meningkatkan imunitas menghadapi Covid-19, karena kita berjemur di bawah sinar matahari pagi yang bermanfaat. Jagalah manajemen waktu. Karena sebagai ASN, sikap disiplin harus menjadi karakter kinerja kita sehari-hari,” ujarnya.

Sekdakab Teguh Gunarko dalam apel ini, juga mengatakan bahwa aktivitas pagi ini merupakan bagian dari bentuk kedisiplinan ASN yang telah diatur dalam undang-undang. Dari apel yang juga diikuti Wabup Muhammad Albarraa kali ini, Teguh berharap agar tercipta pondasi budaya kerja yang baik.

“Mulai hari ini kita melaksanakan apel pagi, sesuai Peraturan Pemerintah tentang Disiplin Pegawai yang salah satunya terkait apel pagi. Walau hanya 50 persen karena masih berada di PPKM level 2, kami harap aktivitas ini dapat menyeragamkan nilai-nilai dasar  bagi seluruh ASN sehingga menjadi pondasi budaya kerja yang profesional,” jelas Teguh Gunarko. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here