Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Rektor ITS Mochamad Ashari usai penandatanganan MoU di Gedung Rektorat ITS Surabaya, pada Senin (4/4/2022) siang.

IM.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Perjanjian yang disepakati terkait upaya membuat kebijakan strategis dan mengurai berbagai permasalahan di Bumi Majapahit.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Rektor ITS Mochamad Ashari,  di Gedung Rektorat ITS Surabaya, pada Senin (4/4/2022) siang.
Dalam kesepakatan itu, ITS diminta membantu menyediakan teknologi tepat guna untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, pariwisata, pertanian dan UMKM di Kabupaten Mojokerto.

Ikfina mengatakan dalam pelaksanaan kerjasama ini, ia berharap tidak hanya satu arah, melainkan kerjasama dua arah. Oleh karena itu, Pemkab Mojokerto siap ketika pihak ITS membutuhkan sarana bagi mahasiswanya, misalnya bagi para mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir penelitian.

“Kami siap menjadi tempat untuk penelitian, dan nantinya saya juga berharap, hasil dari penelitian itu nanti bisa menjadi masukan bagi kami untuk menjadi dasar-dasar membuat kebijakan atau suatu nilai yang keluar sebagai indikator dari kinerja yang sudah dilakukan,” terangnya.


Ikfina melanjutkan, Pemkab Mojokerto juga sangat membutuhkan kehadiran para saintis dalam merumuskan masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Mojokerto dan kemudian mencari solusinya. Sehingga kebijakan-kebijakan yang dibuat nanti tidak asal-asalan, namun berdasarkan dari suatu metodologi ilmiah.

“Hasil penelitian dan rekomendasi para saintis terhadap penilaian indikasi permasalahan akan menjadi landasan yang kuat bagi kami untuk membuat kebijakan dan juga menjadi suatu kajian yang kuat dan aman bagi kami. Tentunya juga nanti kebermanfaatan untuk masyarakat Kabupaten Mojokerto dijamin dan pasti akan bisa dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

Masih Ikfina, ia meminta para OPD untuk segera menindaklanjuti perjanjian kerjasama ini secara spesifik. Sehingga nanti kebutuhan Pemkab Mojokerto dan yang ditawarkan oleh ITS bisa dibicarakan secara lebih spesifik dengan pusat kajian yang dipilih nanti.

“Saya kira itu nanti bisa ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para saintis ITS, tentunya kami dan masyarakat kabupaten Mojokerto sangat mengharapkan hal tersebut,” harapannya.

Rektor ITS Mochamad Ashari menyambut baik dan mengapresiasi adanya kerjasama tersebut. Ia berharap kerjasama ini bisa berkembang dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Mojokerto.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa perpanjang dan bisa kita kerjasamakan ke berbagai wilayah, ataupun model index pembangunan ataupun smart city. Sekali lagi Kami apresiasi dan menghaturkan terima kasih atas kunjungannya ke ITS,” ungkapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here