Bupati Ikfina Fahmawt menyerahkan bantuan kepada warga yang pernah menderita kusta di Dusun Sumber Glagah, Desa Tanjung Kenongo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabu (27/4/2022) siang.

IM.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Bupati Mojokerto menyerahkan secara langsung bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako kepada 186 eks penderita kusta di Dusun Sumber Glagah, Desa Tanjung Kenongo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabu (27/4/2022) siang. Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat dan menambah kegembiraan bagi warga penerima saat berlebaran.

Dalam program penyerahan bantuan sosial ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto telah menyiapkan penyediaan permakanan berupa beras dengan jumlah total 5.580 kilogram, kecap 372 botol, mie instan 372 kardus dan minyak goreng sedikitnya 372 liter. Bahan kebutuhan pokok tersebut dialokasikan dari dana APBD tahun anggaran 2022.

Jumlah total tersebut, dibagi menjadi satu paket, yang masing-masing paket berisi 30 kilogram beras, dua botol kecap, dua kardus mie instan dan dua liter minyak goreng. Paket tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Mojokerto yang nantinya akan dibagikan ke 186 penerima.

“Perlu kita ketahui bersama, Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) tidak ada ujungnya, akan tetapi Pemerintah Kabupaten Mojokerto senantiasa berusaha meningkatkan pelayanan sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Mojokerto,” kata Ikfina.


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial pasal 5 ayat 2, penyelenggaraan sosial diprioritaskan kepada masyarakat yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan dan memiliki kriteria masalah sosial.

Kategorinya meliputi kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku. Tak hanya itu, kriteria yang lain yakni, korban bencana dan atau korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

“Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada seluruh penerima bantuan agar bisa memanfaatkan dengan penuh tanggung jawab, karena bantuan ini bersifat pembinaan dan pemberdayaan yang berupa permakanan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat eks penderita kusta,” harapnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here