Kegiatan sosial diperuntukkan bagi penderita kusta dan mantan penderita kusta

IM.com – Ketua Umum Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur, Fatma Saifullah Yusuf memimpin bakti sosial ke Rumah Sakit Sumberglagah, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan sosial, Selasa (3/10/2017) diperuntukkan bagi penderita kusta dan mantan penderita kusta dengan memberikan bingkisan kepada 198 kepala 600 orang. “Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, BKOW menghadirkan diri di tengah penderita kusta. Semoga kehadiran kami bisa menghibur,” tutur Fatma Saifullah, istri dari Wagub Jatim Saifullah Yusuf.

Fatma menerangkan, hingga kini masyarakat masih enggan berhubungan dengan para penderita kusta atau mantan penderita sehingga keberadaannya masih sulit berbaur dengan sekitarnya. Bahkan, bagi mantan penderita yang telah mengelola usaha peternakan maupun bertani, hasil produksinya masih belum direspon dengan baik. “Maka tak mengherankan apabila banyak diantara mereka yang menjadi pengemis, padahal mereka memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya untuk mengembangkan kehidupannya,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya akan segera melakukan pendataan tentang pelatihan yang dibutuhkan. “Untuk pemasaran hasil produknya harus ditangani pihak lain. Saya kasihan pada mantan penderita kusta ini, sebenarnya mereka sudah sehat namun mengalami cacat fisik permanen,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Fatma, pihaknya akan menerjukan pelatih handal dengan harapan agar mereka lebih eksis dan percaya diri. Fatma berharap, melalui kegiatan ini bisa meningkatkan gerakan peduli sesama demi kemanusiaan, membantu mereka yang memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan asasinya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, dr Kohar Hari Santoso menyampaikan, pihaknya menerapkan program SCORE dalam rangka mensukseskan program eliminasi kusta. “SCORE ini yaitu S untuk stigma, C untuk cari dan temukan penderita kusta, O untuk obati hingga tuntas, R untuk rehabilitasi, dan E untuk evaluasi kusta yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Melalui program SCORE harapannya tahun 2017 prevelensi kusta bisa mencapai 1 diantara 10 ribu penduduk, sehingga program eliminasi kusta tercapai. Pihaknya mengaku sangat senang BKOW Jatim mengunjungi rumah sakit kusta milik Provinsi Jawa Timur yang ada di Pacet tersebut.

Kegiatan bakti sosial peduli kusta ini melibatkan sekitar 800 peserta yang terdiri dari 65 penderita kusta, dan 198 kepala keluarga mantan penderita kusta. Turut hadir PKK Kabupaten Mojokerto dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Mojokerto.(ning/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here