Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meninjau pengembangan Command Center di Kantor Dinas Perhubungan, Senin (9/5/2022).

IM.com – Pemerintah Kota Mojokerto tengah mengembangkan sistem terpadu untuk memantau situasi di ruang publik dan kantor pemerintahan. Pengawasan akan diaplikasikan melalui  Command Center yang dipusatkan di Kantor Walikota Mojokerto, Jalan Gajah Mada 100.

Sistem pengawasan yang terintegrasi di Command Center milik Pemkot diharapkan dapat menjadi sarana bersama untuk menunjang penanganan situasi darurat yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Guna mengoptimalkan pemantauan, Pemkot juga akan menambah titik-titik baru CCTV di area publik sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran.

“Saya ingin memastikan bahwa sebentar lagi Pemerintah Kota memiliki Command Center yang nanti akan terpusat di kantor wali kota, dimana harapan kami command center ini nanti akan kita fungsikan sebagai pusat pengendali dan kontrol bersama,” kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari usai meninjau arus balik melalui CCTV di kantor Dinas Perhubungan (Dishub), Senin (9/5/2022).

Kepala daerah yang akrab disapa Ning Ita menambahkan, instansi vertikal bisa bersama-sama memanfaatkan Command Center dengan menempatkan operatornya sendiri.


“Kita akan mengintegrasikan seluruh CCTV yang ada di area publik dan area pemerintahan di Command Center tersebut,” imbuhnya.

Ning Ita menjelaskan bahwa saat ini Dishub sudah memiliki 56 CCTV yang tersebar pada 16 titik di seluruh Kota Mojokerto. Kedepan juga akan diintegrasikan dengan Command Center bersama dengan semua CCTV yang ada pada masing-masing OPD.

“Kalau dishub kan jelas 56, kita nanti juga akan menginventarisir yang ada di masing-masing OPD, terus kemudian yang miliknya swasta yang ada di area publik misalnya di mall, di pusat perbelanjaan yang banyak diakses masyarakat.”jabarnya.

Dalam kesempatan ini, Ning Ita yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Kepala Dinas Perhubungan Endri Agus Subianto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Santi Ratnaning Tias, serta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Muhammad Imron mendapati bahwa arus balik di Kota Mojokerto terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaaraan. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here