Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disbudporapar) Norman Handitho mengatakan pemecahan Rekor Muri sajian Sambal Ikan Wader dalam layah terbanyak merupakan acara paling spesial dalam Majafest 2022

IM.com – Pagelaran Majafest (Majapahit Festival) 2022 bakal menampilkan acara nguleg Sambal Wader massal untuk mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Agenda spesial ini menjadi pembeda dari perhelatan seni dan budaya serupa tahun-tahun sebelumnya karena bertujuan membangkitkan sektor ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disbudporapar) Norman Handitho membenarkan Pemecahan Rekor Muri sajian Sambal Ikan Wader dalam layah terbanyak merupakan acara paling spesial dalam Majafest 2022. Masakan ini dipilih karena merupakan salah satu hidangan khas Kabupaten Mojokerto.

“Acara masakan akan ada penilaian basicnya Nasi Jagung dan Sambal Wader di Lapangan Trawas pada 24 Agustus. Dua masakan khas Kabupaten Mojokerto ini juga kami pilih untuk Pemecahan Rekor Muri di pada 25 Agustus,” katanya dalam konferensi pers di Pendopo Graha Maja Tama, Kamis (18/8/2022).

Lokasi acara pemecahan rekor Muri dan serangkaian agenda Majafest 2022 tahun 2022 ini juga berbeda dari sebelumnya. Kecamatan Trawas dipilih sebagai tuan rumah even yang berlangsung selama lima hari pada 23-27 Agustus 2022.


Untuk pemecahan rekor Muri ini, Pemkab melibatkan sedikitnya 1.200 orang dari berbagai elemen masyarakat dan forkopimda. Ribuan personel itu paling banyak bertugas untuk nguleg sambal di layah yang jumlahnya juga ribuan.

“Kami mengerahkan banyak personel untuk nguleg. Karena ini pemecahan rekor, maka dari Muri nanti pasti juga akan menghitung cermat jumlah orang dan layahnya,” terangnya.

Selain pemecahan rekor Muri, banyak juga even spesial lain yang digebyar dalam Majafest 2022. Di antaranya, Pameran Pariwisata Ekraf dan Festival makanan khas Mojokerto yang jumlahnya mencapai 70 stan. Kemudian, Lomba Pariwisata Digital, Fashion Show dan Mojokerto Tourism Award.

“Dalam pembukaan Majafest 2022 akan dihibur oleh kesenian asli Mojokerto Bantengan, dan selama Majafest setiap malam akan dihibur oleh orkes lokal dan artis lokal yang sudah populer di Jawa Timur,” tutur Norman.

Dia berharap event Majafest Kabupaten Mojokerto tahun 2022 ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan juga bisa mengembangkan pariwisata di Mojokerto.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, konsep besar acara Majafest 2022 ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya, ada sedikit penambahan unsur seni budaya yang menjadi gagasan pokok even ini akan dipadukan sektor ekonomi kreatif .

“Dalam Event Majafest 2022 ini akan melibatkan shakeholder mulai dari pelaku ekonomi kreaktif, pelaku budaya, pelaku ekonomi dan juga jajaran OPD Kabupaten Mojokerto” kata Bupati Ikfina.

Perpaduan konsep seni, budaya dan ekonomi kreatif bertujuan untuk membangkitkan perekonomian Kabupaten Mojokerto pasca pandemi. Selain itu, Ikfina berharap, even Majafest 2022 ini bisa mendongkrak sektor pariwisata sehingga dapat menjadi pendorong pemulihan ekonomi masyarakat.

“Hal itulah kenapa Kecamatan Trawas dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Majafest 2022 ini. Kita ingin Kecamatan Trawas dan Pacet sebagai ujung tombak sektor pariwisata alam di Kabupaten Mojokerto bisa semakin berkembang,” tuturnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here