Peserta Festival Sambal Wader dari Kecamatan Gedeg dan Sekretariat Kabupaten Mojokerto dalam Majafest 2023 di Lapangan Kawiryan, Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Sabtu (5/8/2023).

IM.com – Festival Sambal Wader menutup puncak rangkaian acara Majapahit Festival (Majafest) 2023. Pagelaran ini untuk mengukuhkan dan mempopulerkan sajian tersebut sebagai kuliner khas Kabupaten Mojokerto sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisata Bumi Majapahit.

Festival Sambal Wader diiikuti 180 peserta dari berbagai kalangan. Ajang ini digelar sebagai penutup acara Majafest 2023.

“Festival sambal wader akan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Mojokerto yang bisa diikuti masyarakat Jawa Timur dan Indonesia,” kata Ikfina di Lapangan Kawiryan, Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Sabtu, (5/8/2023) .

Untuk mewujudkan rencana itu, diperlukan dukungan dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat agar masyarakat dari berbagai daerah tertarik datang ke Mojokerto. Terutama untuk menikmati kuliner Sambal Wader.

“Maka kita dapat memaksimalkan potensi ekonomi yang besar dari kuliner sambal wader,” ujar Ikfina.

Ikfina menyebutkan, bukan hanya bisnis kulinernya, peluang usaha budidaya ikan wader juga lebih besar jika penikmat sajian khas ini semakin banyak. Demikian juga dengan sektor kerajinan pebuatan layah untuk wadah sambalnya.

“Usaha kerajinan membuat layah bisa semakin berkembang dan produktif. Selain itu, pengrajin juga dituntut bisa meningkatkan kualitas produknya,” tandasnya.

Pada Majafest 2022 lalu, Festival Sambal Wader berhasil mencatatkan rekor yang dicatat Museum Rekor Indonesia (MURI). Ribuan orang terlibat dalam pemecahan rekor MURI nguleg sambal wader dalam 1.35 layah.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini