Bupati Ikfina Fahmawati bersama karang taruna Desa Gondang menunjukkan Batik Sekar Ndaru yang menjadi unggulan program Desa Berdaya di Kecamatan Gondang, Mojokerto, Rabu (30/11/2022).

IM.com – Batik ‘Sekar Ndaru’ diluncurkan sebagai icon program Desa Berdaya di Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Produk ini diharapkan menjadi sumber ekonomi dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Program Desa Berdaya Batik Sekar Ndaru diluncurkan Bupati Ikfina Fahmawati di balai Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Rabu (30/11/2022) pagi. Acara dihadiri Perwakilan DPMD Provinsi Jawa Timur, DPMD Kabupaten Mojokerto, Forkopimca Gondang, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa Gondang dan Kepala Desa se-Kecamatan Gondang.

Tarian Sekar Ndaru yang ditampilkan karang taruna Desa Gondang menyambut kedatangan Bupati Ikfina dan rombongan.

“Alhamdulillah saat ini kita berada di Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto dengan desa berdaya batik sekar daru gondang,” kata Ikfina.


Desa gondang menjadi salah satu dari 10 desa di Kabupaten Mojokerto, lanjut Ikfina, mendapatkan program desa berdaya dari Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Ikfina menyebut program desa berdaya yakni icon batik Sekar Ndaru asal Gondang itu layak dan pantas untuk menjadi program berdaya.

Sebab, menurut Ikfina, Batik Sekar Ndaru merupakan produk asli dari hasil karya ibu-ibu dan remaja putri desa gondang. “Kita semuanya sudah melihat hasil dari mereka berproses untuk desa berdaya sekar ndaru gondang. Luar biasa, batik-batiknya pantas dan layak dikembangkan,” terangnya.

Ikfina meminta kepada Pemerintah Desa Gondang, serta mengembangkan potensi batik tersebut melalui BUMDes untuk keberlanjutannya. Selain itu, ia berpesan agar pemdes terus mendukung kreatifitas dan karya warganya.

“Dengan adanya batik desa gondang sekar ndaru gondang ini secara tidak langsung menuntut warga setempat untuk lebih meningkatkan SDM dan memanfaatkan potensi yang ada di desa gondang,” ujar Ikfina.

Bupati Ikfina menambahkan sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas pencapaian desa mandiri, pada tahun 2022 ini pemerintah provinsi jawa timur memberikan bantuan berupa bantuan keuangan khusus (bkk) program desa berdaya untuk 10 desa mandiri di kabupaten mojokerto, masing-masing desa mendapatkan bantuan sebesar rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah).

“Terimakasih tentunya kami sampaikan kepada pemerintah provinsi jawa timur melalui dinas pemeberdayaan masyarakat dan desa provinsi jawa timur. Program desa berdaya ini sejalan dengan program pemerintah kabupaten mojokerto, karena pembangunan dari desa akan memberikan hasil yang signifikan dan tepat sasaran,” pungkasnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here