Bupati Ikfina Fahmati berbincang dengan salah sautu warga dalam kegiatan penyerahan bantuan paket gizi ibu balita dan pengobatan gratis di Pendapa Desa Ngabar, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Kamis (21/9/2023).

Selain itu, Ikfina mendorong bagi ibu sedang kondisi hamil, lingkar lengannya tidak boleh kurang dari 23,5 cm, karena hal tersebut, menjadi tanda minimal kecukupan gizi bagi ibu hamil.

Demikian juga pasangan usia subur (PUS) yang terlalu tua atau lebih dari 35 tahun diharapkan tidak hamil lagi, karena usia ibu diatas 35 tahun sangat berpotensi melahirkan bayi stunting.


“Karena ada masa sel telur. Makin tua usia ibu, kualitas sel telurnya sudah kurang baik. Maka dari itu apabila masih mengalami menstruasi, dianjurkan memakai KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP),” jelasnya.

Sementara itu, sebagai orang tua juga harus bisa membentuk karakter anak menjadi baik. Dalam hal ini, terdapat beberapa tahapan interaksi lingkungan yang membentuk karakter anak dimasa yang akan datang.

Seperti halnya, ketika anak usia 0 hingga 1 tahun, ini menjadi momen anak belajar percaya dengan orang lain. Selanjutnya, pada usia 1 hingga 3 tahun, ini menjadi momen seorang anak dalam masa pembentukan karakter.

“Di moment ini, seorang ibu punya peran yang sangat penting, agar bisa membentuk karakter anak bisa menjadi percaya diri,” pungkasnya. (im)

66

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini