SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto mengajak siswanya yang berprestasi liburan berziarah ke makam Presiden Soekarno dan Presiden Gus Dur

IM.com – Puluhan siswa berprestasi kelas 12 SMAN 1 Sooko Kabupaten Mojokerto diajak liburan ke dua makam mantan Presiden RI yakni Presiden RI pertama, Soekarno di Blitar dan Presiden RI Keempat, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang.

Kepala SMAN 1 Sooko, Endang Binarti mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap para siswa yang sudah mengharumkan nama sekolah baik di tingkat regional maupun nasional. “Ada 46 siswa yang kita ajak kali ini, ini hanya siswa kelas 12,” ungkapnya, Selasa (20/12/2016).

Masih kata Endang, dengan berkunjung dan berziarah ke makam dua Presiden RI tersebut diharapakan para siswa bisa meneladani sosok kedua mantan Presiden RI tersebut. Tidak hanya itu, Endang berharap, anak didiknya tersebut bisa menghargai dan mengapreasikan perjuangan keduanya.

“Terutama agar mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi karena kedua presiden tersebut merupakan sosok yang dikenal menjaga kesatuan NKRI, terutama Gus Dur yang dikenal sebagai sosok pluralisme. Ditambah lagi, ahir-akhir ini banyak kegiatan menumbuhkan kembangkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan dengan Apel Kebhinekaan,” katanya.


Namun, tegas Endang, pihaknya ingin menunjukan langsung kepada siswa tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Dan kegiatan tersebut, lanjut Endang merupakan kegiatan menumbuhkembangkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan di sekolah.

Tak hanya diajak ke dua makam Presiden RI tersebut, para siswa yang didampingi para guru ini juga diajak ke wisata edukasi Kampung Coklat di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar Cokelat dan Alun-alun Malang. (pri/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here