Dandim 0815 dan Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos juga ikut mengasah kemampuan menembak senjata pistol

IM.com – Kodim 0815 Mojokerto mengelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri). Kegiatan rutin triwulan ini diikuti 477 prajurit selama 3 hari di lapangan tembak Yonif 503 Para Raider MK Desa Mojosulur Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Komandan Kodim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji menjelaskan latihan menembak triwulan pertama tahun 2017 digelar mulai Senin (13/3-2017) selama 3 hari. Tujuannya untuk memelihara kemampuan dan ketrampilan dasar menembak prajurit. Personil yang ikut latiha terdiri dari para perwira, bintara dan tamtama.

Lanjut Dandim, menembak merupakan kemampuan dasar yang harus melekat pada diri setiap prajurit, sekalipun di satuan kewilayahan yang mungkin ada prajurit yang masa dinasnya kurang dari dua bulan atau menjelang pensiun, tetap harus mengasah kemampuan secara rutin.

“Tentunya dalam setiap latihan apapun tidak lepas dari prosedur yang berlaku dan tak kalah pentingnya bahkan paling utama harus memperhatikan faktor keamanan dan selalu mengikuti instruksi dari koordinator latihan, pengawas lajur ataupun pimpinan penembakan,” ujarnya.


Sebagai Komandan Latihan Danlat Kapten Inf Sumiarso dibantu Danramil 0815/09 Mojosari Kapten Inf Wiyanto,koordinator menembak pistol dan Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Arh Anang Supriyanto, koordinator menembak senapan.

Sementara Pasi Ops Kodim 0815 Kapten Inf Sasminto selaku penyelenggara latihan, menjelaskan item menembak, terdiri dari menembak senapan laras panjang M16A1 jarak 100 meter dengan sikap tiarap dan duduk. Sedangkan menembak pistol FN 46 dengan sikap berdiri jarak 25 meter.

“Kedua item tersebut minimal perolehan nilai harus mencapai 75 bila ada yang kurang maka akan diulangi lagi pada gelombang berikutnya sampai dengan prajurit tersebut mampu mencapai nilai yang ditentukan sesuai harapan komando atas, atau dengan kata lain harus mencapai predikat mahir,” terangnya.

Di hari pertama, prajurit yang menembak senapan mencapai 196 orang dan untuk seluruh perwira melaksanakan menembak pistol termasuk Dandim 0815 dan Kasdim 0815 Mayor Inf Nuryakin, S.Sos. Kemudian dihari kedua (Selasa, 14-03-2017) latihan menembak senapan diikuti 156 orang, untuk anggota yang belum menembak akan melaksanakan pada hari ketiga. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here