IM.com -Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Mojokerto menyarankan agar Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Mojokerto membawa tiga benda saat berangkat ke tanah suci, Mekkah, Arab Saudi. Diantaranya semprotan air, kosmetik yang mengandung pelembap serta vitamin C.

Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh (PHU), Kemenag Kabupaten Mojokerto, Mukti Ali mengatakan, karena saat di tanah suci cuaca sangat ekstrim sehingga diharapkan tiga benda tersebut dapat membantu para CJH selama di tanah suci. “Tahapan pemeriksaan kesehatan tahap pertama dan kedua sudah dilalui,” ungkapnya, Selasa (8/8/2017).

Sehingga, lanjut Mukti, sudah ada intruksi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto terkait cuaca. Menyikapi cuaca ekstrem di tanah suci tersebut, jemaah sudah disarankan melakukan olahraga dan membawa tiga benda tersebut karena di tanah suci cuaca panas tapi kering.

“Sehingga jemaah disarankan membawa air yakni dengan cara membawa seproton yang diisi air. Nantinya, hal tersebut bisa disemprotkan ke bagian yang kena matahari langsung, juga kosmetik yang mengandung pelembap karena perubahan suhu ektrim dari tropis ke panas bisa menyebabkan bibir dan kaki bisa pecah-pecah,” katanya.


Selain itu, tegas Mukti, jemaah juga disarankan mengkonsumsi vitamin C karena dengan mengkonsumsi vitamin C tersebut diharapkan bisa mengurangi dehidrasi. Sekedar diketahui, jumlah CJH asal Kabupaten Mojokerto sebanyak 1.789 orang setelah dikurangi mutasi keluar, mutasi masuk, meninggal dan menunda keberangkatan.(ning/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here