Sosialisasi membangun gerakan sadar pemilihan tahun 2018 dilaksanakan serentak Komisi Pemilhan Umum (KPU) di seluruh daerah yang menggelar Pilkada

IM.com – Sosialisasi membangun gerakan sadar pemilihan tahun 2018 dilaksanakan serentak Komisi Pemilhan Umum (KPU) di seluruh daerah yang menggelar Pilkada. Termasuk KPU Kabupaten – Kota Mojokerto pada Minggu, (29/10-2017).

Gerakan mengajak partisipasi pemilih ini melalui gerak jalan santai yang diberangkatkan dari masing-masing Kantor KPU dan dimeriahkan dengan panggung hiburan serta aneka hadiah yang dibagikan melalui undian kupon gerak jalan santai.

Peserta gerak jalan santai KPU Kabupaten diberangkatkan depan kantor KPU di Desa Sooko menuju Desa Banjaragung. Sedangkan KPU Kota dari jalan Benteng Pancasila.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Kabupaten, Ayuhannafiq maupun Ketua KPU Kota Siaful Amin Sholihin membacakan sambutan Ketua KPU Pusat, Arif Budiman.


“Pemilihan Gubenur, Bupati dan Walikota merupakan perwujudan demokrasi di tingkat lokal. Harapannya, terpilih pemimpin daerah yang memiliki kompetensi, kapabilitas, intregritas dan akseptabilitas.”

Lebih lanjut dituturkan, era ekonomi daerah membutuhkan pemimpin yang tidak saja memiliki kreativitas dan inovasi dalam membangun daerah tapi juga mendapat kepercayaan dan dukungan dari rakyat. Pemiihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke 3 setelah pemilihan serentak pada tahun 2015.

“Terdapat 171 daerah yang menggelar pemilih tahun 2018 terdiri atas 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Penyelenggara pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dilandasi intregritas. Penyelenggara pemilu diharapkan bisa memberikan pelayanan yang adil dan setara kepada semua peserta pemilihan,” ujarnya. Pemilih yang sudah mempunyai e-KTP tercatat dalam Daftar Pemilihan Sementara (DPS) dan Dafar Pemilihan Tetap (DPT).

Jalan santai diikuti ratusan peserta dari perwakilan partai politik peserta pemilu, pemilih pemula dari kalangan pelajar SMA, SMK dan sederajat. “Sesuai ketentuan, kita mengundang 500 orang untuk mengikuti kegiatan ini. Sedangkan jumlah kupon jalan santai sebanyak 2000 lembar. Dalam kegiatan itu kami terus mengingatkan tanggal 27 Juni 2018 merupakan waktu pencoblosan,” terang Imam Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Mojokerto.(ning/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here