IM.com – Prajurit TNI harus netral pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018, Pilgub maupun Pilbup/Pilwali. Apabila ada prajurit TNI tidak netral akan ditindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Demikian dikatakan Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH., saat memberikan pengarahan kepada prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN), di Pendopo Griya Paramitra Rabu (24/01/2018).

Dandim 0815 menekankan agar seluruh prajurit tidak sekadar memahami namun melaksanakan netralitas TNI. Tidak hanya dalam Pemilukada namun termasuk pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 mendatang.

“Untuk itu agar setiap anggota peduli dan saling mengingatkan sehingga tidak terjadi pelanggaran saat Pemilukada yang dilakukan personel atau anggota karena sanksi hukumnya akan merugikan personel bahkan merusak citra satuan,”


Dandim 0815 mengingatkan tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Selain tugas pokok tersebut, TNI masih memiliki tugas tambahan yaitu pendampingan ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Komandan Kodim 0815 Mojokerto mengajak segenap prajurit dan ASN untuk bersama-sama bekerja demi mendukung tugas pokok satuan. “Ibarat kapal, komandan sebagai nahkoda, dan anggota sebagai komponen lainnya yang saling berkaitan, apabila salah satu sistem atau komponen tidak berfungsi maka kapal tidak bisa berlayar,” jelas Dandim dengan analoginya.

Di akhir pengarahannya, Dandim mengajak segenap Prajurit dan ASN untuk merefleksi diri, mengajak untuk tetap bersyukur atas semua rejeki yang diterima. Jaga diri pribadi dan keluarga, manfaatkan waktu yang ada untuk hal – hal yang positif, tutupnya.

Sementara Kasdim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, menambahkan, agar seluruh prajurit dan ASN mempedomani yang menjadi arahan Komandan, ingat loyalitas tegak lurus ke atas.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Pabungdim 0815 Mayor Arm Imam Duhri, Para Danramil Jajaran Kodim 0815, Para Perwira Staf Kodim 0815, Anggota Militer dan ASN Makodim 0815 dan Koramil Jajaran Kodim 0815. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here