Pengubinan jelang panen
TNI bersama PPL melakukan pengubinan jelang panen gabah

IM.com – Kelompok Tani Sejahtera – 1 Dusun Balongwono Desa Balongwono didampingin Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Babinsa melakukan pengubinan di lahan milik Sali yang siap panen. Diperkirakan sawah Sali bisa memperoleh gabah seberat 9,28 ton.

PPL Desa Balongwono, Mujiadi merinci hasil pengubinan dari contoh area berukuran 2,5 x 2,5 meter dengan varietas Ciherang memperoleh 5,8 Kg. Dari bobot tersebut sawah seluas satu hektar diperkirakan menghasilkan gabah 9,28 ton.

Turut mengawasi prosesi pengubinan yaitu Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat, Babinsa Trowulan Serma Imron serta PPL Mujiadi.

Masih di wilayah Trowulan, pengubinan juga dilakukan di area milik Badawi dan Imam Subeki, anggota Poktan Margi Makmur – 1, Dusun Kepiting Desa Temon. Pada area tersebut diperkirakan bisa memungut gabah 10,2 ton per hektar.


Sebagai pendamping pengubinan adalah Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Mapita bersama Babinsa Temon Pelda Maryadi.

Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto Rem 082/CPYJ melakukan pendampingan terhadap petani secara intensif di dua desa yakni Desa Balongwono dan Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat menuturkan, pendampingan pengubinan padi siap panen di kedua desa tersebut merupakan hasil program optimalisasi dengan sistem tanam jajar legowo (Jarwo) menggunakan varietas Ciherang di lahan milik Poktan Sejahtera – 1 dan Poktan Tani Margi Makmur – 1. Program ini merupakan upaya khusus mendukung program pemerintah dalam penguatan pangan menuju swasembada. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here