Panen Padi
Babinsa Koramil Pacet juga melakukan pendampingan penyiangan tanaman padi

IM.com – Padi varietas Mamberamo yang ditanam petani Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto bisa menghasilkan gabah 7,1 ton dalam satu hektar. Hasil menggembirakan ini dimonitor Babinsa Koramil 0815/16 sebagai pendamping petani dalam ketahanan pangan.

Babinsa Serda Edi Cahyono menuturkan, di lahan sawah milik Giman, Dusun Sukorejo Desa Kemiri menanam jenis padi varietas Mamberamo. “Saat dipanen, di areal persawahan seluas 0,5 Ha menghasilkan gabah seberat 3,55 ton,” tuturnya Selasa (05/06/2018).

Hasil ini lanjut Serda Edi, tergolong bagus dan merupakan hasil kerja keras petani yang tergabung Poktan Wani Tani Makmur yang selama ini selalu mendapat arahan dari PPL.

Selain di lokasi panen, Serda Edy Cahyono juga melakukan pendampingan penyiapan bibit padi di lahan milik Tohir Poktan Margo Rukun, Dusun Terongmalang Desa Candiwatu. Demikian pula yang dilakukan Babinsa Kuripansari, Sertu M. Ihsan yang melakukan pendampingan penyiangan tanaman padi di lahan seluas 0,5 hektar milik Ngateman, Dusun Warubinatur Desa Kuripansari.


Secara terpisah, Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Suprano mengatakan bahwa pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah.

“Para Babinsa akan terus proaktif melaksanakan pendampingan terhadap petani dan Poktan yang ada di wilayah binaan masing-masing mulai tahap pengolahan, masa tanam, perawatan hingga panen,”ungkapnya. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here