Menjaga Tegaknya NKRI di Desa Tertinggal
Penyuluhan Wawasan Kebangsaan yang digelar Satgas TNI TMMD Reguler ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto

IM.com – Menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR) menjadi sangat penting di daerah terpencil maupun tertinggal. Dan tugasnya bukan hanya TNI dan Polri. Peran segenap komponen masyarakat sangat diperlukan.

Materi itu menjadi topic utama yang disampaikan Kepala Staf Kodim 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, saat memberikan materi kepada warga Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Puluhan warga hadir dalam penyuluhan Wawasan Kebangsaan yang digelar Satgas TNI TMMD Reguler ke-102 TA. 2018 Kodim 0815 Mojokerto, Kamis (19/07/2018).

Kasdim mengingatkan kembali tentang sejarah merebut kemerdekaan, dimana saat itu tentara yang masih tergabung dalam laskar pejuang bahu membahu bersama rakyat untuk melawan dan mengusir penjajah dari bumi nusantara. “Masa perang merebut dan mempertahankan kemerdekaan, tentara (laskar) sudah manunggal dengan rakyat,”ujarnya.

Laskar-laskar pejuang lanjut Kasdim kemudian menjelma menjadi tentara hingga saat ini (TNI) tidak akan pernah melupakan sejarah dan tidak akan pernah meninggalkan rakyatnya. “Ingat, sejarah itu jangan pernah dilupakan,” tegas Kasdim.


Kemudian setelah Republik Indonesia terbentuk hingga kini (NKRI), TNI terpanggil untuk senantiasa membantu mengatasi kesulitan rakyat, dan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini salah satunya. Hal ini dilakukan, selain karena faktor sejarah masa lalu, juga merupakan suatu keharusan TNI bersama rakyat, karena TNI lahir dari rakyat, dan rakyat-lah ibu kandung TNI.

Untuk itu Kasdim mengajak masyarakat bersama-sama komponen lainnya untuk terus berperanserta dalam mewujudkan situasi yang kondusif demi keberlangsungan pembangunan sehingga NKRI tetap tegak, jaya dan utuh.

Kasdim juga memberikan motivasi kepada warga yang putra-putrinya ingin menjadi anggota TNI. Masuk TNI tidak bayar dan jangan percaya kalau ada oknum yang meminta uang untuk memuluskan masuk menjadi anggota TNI.

Jangan matikan keinginan dan cita-cita putra-putri kita yang ingin mendaftar menjadi TNI karena alasan orang tua tidak memiliki uang, ingat sekali lagi bahwa masuk TNI tidak dipungut biaya dan yang utama agar anaknya disiapkan sesuai kriteria kemampuan sebagai persyaratan masuk TNI. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here