Akibat Kekeringan BPBD Kab Mojokerto Kirim Air ke Desa Tempuran dan Simongagrok
Bantuan air bersih yang dipasok BPBD Kabupaten Mojokerto ke sejumlah wilayah di Dawarblandong pada musim kemarau tahun 2018 lalu.

IM.com – Bantuan air bersih terus diberikan oleh BPBD Kabupaten Mojokerto ke sejumlah wilayah di Dawarblandong. Senin (17/9-2018), satu truk tanki diterjunkan ke Dusun Tempuran, Desa Simongagrok, Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto, kawasan yang sudah dua bulan terakhir mengalami kekeringan. Ini adalah bantuan ketiga yang dikirim BPBD ke Desa Simongagrok.

Menurut Babinsa Simongagrok yang mendampingi kegiatan, Kopda Yusuf Efendi, kekeringan yang terjadi di Desa Simongagrok sudah biasa terjadi setiap tahun. Namun tahun ini merupakan yang paling parah.

“Ada dua dusun yang terdampak. Dusun Simongagrok dan Tempuran. Nah, Tempuran ini yang paling parah. Alasannya, karena air tandon sumur pengeboran (WSLIC) tidak lancar,” ujarnya.

Warga merasa bersyukur dengan bantuan air yang dikirim BPBD. Sebab, biasanya mereka hanya bisa memanfaatkan air sungai yang sebenarnya tidak layak pakai. “Alhamdulillah bisa digunakan untuk keperluan mandi dan masak. Saya harap bantuan terus diberikan. Kami tidak bisa terus bergantung pada air sungai yang sudah berlumut dan kotor,” ujar Marni, warga setempat.


Rencananya bantuan serupa akan kembali dikirim BPBD dengan jadwal yang sudah ditentukan. Selain Simongagrok, ada beberapa desa lain yang mengalami kekeringan, diantaanya Dusun Jombangan, Desa Cinandang, dan Dusun Sidokerto. Namun kondisinya belum sangat kritis karena waraga masih bisa menimbar air di sumur-sumur milik warga. (joe/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here