Babinsa dampingi petani
Babinsa Koramil 0815/05 Gedeg Sertu Slamet Langkung mendampingi petani melakukan penyemprotan obat anti hama

IM.com – Mengantisipasi serangan hama sundep atau keong mas yang mengancam padi, Babinsa Koramil 0815/05 Gedeg Sertu Slamet Langkung mendampingi petani melakukan penyemprotan obat anti hama di wilayah binaanya, Desa Sidoharjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (23/10/2018).

Sebaaimana fenomena pada musim kemarau, tanaman padi sangat rentan terhadap serangan hama, diantaranya hama sundep atau keong mas. Jika tidak segera tidak diatasi akan bisa merugikan petani sehingga produktivas gabahnya terganggu. Untuk itu diperlukan langkah penyemprotan pada sawah milik Siswantik seluas 2 hektar yang ditanami padi Ciherang, dan baru berumur 15 hari.

Menurut Babinsa Slamet, penyemprotannya menggunakan insektisida Virtaco 300 SC guna mengendalikan pembiakan hama sundep juga menjaga tanaman agar terhindar dari gangguan penyakit lain. Dengan langkah tersebut diharapan padi tetap tumbuh normal dan panennya bisa maksimal.

Slamet juga meghimbau agar para petani lebih waspada karena hama akan cepat berkembang pada saat cuaca terik dan kondisi air tergenang. “Sebenarnya sundep ini menyerang sejak tanaman masih disemai, namun keberadaannya belum terlihat jelas sehingga petani kurang waspada. Oleh karenanya petani harus lebih jeli mengamati tanamannya.


Masih di wilayah Koramil 0815/05 Gedeg, pendampingan juga berlangsung di Dusun Padangan Desa Terusan. Babinsa Peltu Wagito melakukan pembersihan gulma pada sawah seluas 0,6 hektar milik Sukir.(dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here