Petani Desa Tangunan Panen Jagung Hibrida Pioneer-21 Capai 8,3 Ton per Hektar

IM.com – Poktan Tani Makmur 1 Dusun Tangunan Desa Tangunan Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto sedang panen jagung. Alhasil jenis jagung Hibrida Pioneer-21 yang ditanam di lahan seluas 0,8 hektar milik Sukoco mencapai 6,7 ton.

Babinsa Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Sertu Suwandi turun langsung mendampingi petani panen jagung di Dusun Tangunan Desa Tangunan Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (17/11/2018).

Di sela-sela kegiatan panen, Babinsa Tangunan Sertu Suwandi mengatakan, panen jagung di lahan seluas 0,8 hektar tersebut diperkirakan menghasilkan produktifitas sebanyak 6,7 ton. Dan dalam luasan satu satu hektar, hasil panen diperkirakan mencapai 8,3 ton.

Sementara Kapoktan Tani Makmur-1, M. Rukhan yang juga berada di lokasi, menuturkan, para petani sangat berterimakasih atas dukungan Babinsa yang telah membantu para petani dalam proses produksi di lahan yang dikelola Poktan Tani Makmur-1.


“Kami para petani sangat bersyukur dengan hasil panen kali ini, walaupun saat masa pertumbuhan dan pematangan terkendala pasokan air namun hasilnya tergolong bagus,” ucapnya yang diamini Sukoco, pemilik lahan jagung yang dipanen.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Sumiarso mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan guna mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah sesuai program pemerintah.

“Pendampingan ini dilakukan tidak saat panen, namun mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, penyemaian bibit, masa tanam, masa perawatan hingga masa panen tiba. Melalui pendampingan ini, para Babinsa harus mampu mengajak dan memotivasi petani untuk lebih bersemangat dalam mengelola lahan pertanian sehingga produktifitas pertanian semakin meningkat,” ungkapnya. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here