Cara Petani Kecamatan Ngoro Percepat Masa Tanam

IM.com – Babinsa Koramil 0815/12 Ngoro Serda Nurchaedi Kodim 0815 Mojokerto ditugaskan untuk mendampingi Slamet Purwadi, petani Dusun Sumberbendo Desa Lolawang yang sedang membajak sawahnya seluas 6.000 m² di kawasan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (18/11/2018).

Saat di lokasi kegiatan Serda Nurchaedi menuturkan bahwa, pembajakan ini dilakukan untuk mempercepat masa tanam di awal musim penghujan dengan menggunakan traktor guna penggemburan tanah secara efektif dan efisien. Dengan menggunakan traktor tangan akan dapat menggilas gulma atau rumput liar sehingga mengalami pembusukan yang bisa menjadi hara penyuburan tanah.

“Yang perlu dilakukan juga adealah memperbaiki pematang sawah dan saluran air untuk memudahkan pengaturan irigasi sehingga mempermudah dalam merawat tanaman,” tambah Nurchaedi.

Masih di wilayah Ngoro, penugasan untuk mendampingi petani juga dilaksanakan Serka Suratin ketika menyemai benih padi di sawah milik Ratno, Dusun Kesono Desa Candiharjo. Pembibitan dilakukan di atas area berukuran 30×20 meter benih padi varietas IR-64 yang nantikan akan ditanam pada sarah seluas satu hektar. (dim/uyo)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here