Musim Hujan, Petani Dawarblandong Tanam Padi Gogo

IM.com – Musim hujan sudah tiba. Ini kesempatan bagus petani yang ingin menanam padi gogo dengan hasil panen maksimal. Seperti yang dilakukan Poktan Anggrek Merah Desa Dawarblandong, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto.

Di lahan 0,5 hektar milik Sukis Dusun/Desa Dawarblandong yang tergabung Poktan Anggrek Merah ditanam padi gogo. Padi jenis ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah dan dataran tinggi. padi gogo varietas IR64 dalam masa proses pertumbuhannya hanya mengandalkan curah hujan.

Penanaman padi pada Jum’at (23/11/2018) dibantu Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto, Serka Ervin Suyitno. “Padi gogo biasanya banyak ditanam oleh para petani pada saat sebelum atau menjelang musim penghujan di areal tanah ladang atau tegalan dengan cara tanam meamakai sistem gejik,” jelasnya.

Sebelumnya, Serka Ervin Suyitno, juga melaksanakan pendampingan tanam padi gogo di Dusun/Desa Dawarblandong, di lahan seluas 0,6 hektar yang dikelola Sugo, Poktan Anggrek Merah, dengan jenis padi varietas IR64


Masih di wilayah Koramil 0815/08 Dawarblandong, masih dalam pekan ini, kegiatan pendampingan ini juga berlangsung di dua lokasi lainnya, yaitu Dusun Pelem Desa Cendoro. Di lahan seluas 0,5 hektar, tanam padi gogo dilakukan Sunaryo, Poktan Harapan dengan jenis padi varietas Cibogo dengan didampingi Babinsa setempat Sertu Priyanto.

Sementara, di lokasi terakhir, yakni Dusun Gempol Desa Bangeran, Babinsa setempat Serda M. Shocip membantu petani Poktan Mekar Sari II, Suin, saat tanam jagung varietas BISI-2 di lahan seluas satu hektar. (dim/uyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here