Tradisi Kaleman Awali Kegiatan Pra TMMD 104 Di Tuban

IM.com – Warga Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memiliki tradisi unik saat akan memulai kegiatan gotong royong. Seperti tradisi ‘Kaleman’ yang dilakukan TNI bersama warga sebelum melangsungkan kegiatan Pra-Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 di Desa Brangkal Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban, Rabu (13/2/2019).

Acara Tahlil dan Doa bersama yang berlangsung di Balai Desa Brangkal ini dihadiri oleh Kasdim 0811 Tuban Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis, Danramil 05 Rengel Kapten Inf Istoha, Danramil 08 Widang Kapten CZi Choiril Anwar.

Termasuk Pasiter Kodim 0811/Tuban Kapten Arh Sudiono, Danramil 12 Bancar Kapten Inf Kholiq H, Danramil 07 Soko Kapten Inf Hendy, Danramil 09 Jatirogo Kapten Inf Abd Ghofar, Forkopimka Parengan, Kepala Desa Brangkal Zaenal Mutaqin dan Perangkat serta warga masyarakat sekitar Desa Brangkal.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Brangkal Zaenal Mutaqin mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0811 Tuban yang sudah berkenan membangun Desa Brangkal di berbagai sasaran melalui kegiatan TMMD.


“Atas nama pemerintahan Desa Brangkal saya sampaikan kepada bapak ibu warga Desa Brangkal, mulai hari ini kita sudah kedatangan tamu dari Anggota TNI yaitu anggota Kodim Tuban yang akan membatu kita dalam kegiatan pembangunan di Desa Brangkal,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Camat Parengan, Hedro Basuki,pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada Kodim 0811/Tuban dan jajarannya atas Program TMMD yang yang berlangsung di wilayahnya.

“Saya selaku Camat Parengan berharap semoga program Pembangunan TMMD ke 104 Tahun 2019 di wilayah Kecamatan Parengan,khususnya Desa Brangkal sini bisa menambah semangat dan kesejahteraan Masyarakat Desa Brangkal,” harapnya.

Sementara, Kasdim 0811/Tuban Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis menyampaikan, tujuan TMMD ini untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan dan membantu kesulitan masyarakat.

“Tujuan TMMD ini untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, juga bertujuan untuk mewujudkan manunggalnya TNI dengan rakyat karena ini merupakan salah satu bagian pertahanan negara, negara bisa kuat kalau TNI manunggal dengan rakyat,” ujarnya.

Mayor Teguh juga berharap kepada masyarakat Desa Brangkal agar dapat membatu selama pelaksanaan pembangunan TMMD yang akan berjalan hingga selesai.

“Saya atas nama Kodim 0811/Tuban nitip anggota kami yang akan bekerja di Desa Brangkal, karena nanti saat pelaksanaan TMMD ke 104 akan bayak Prajurit yang tinggal di Desa Brangkal, jauh sebelum nya saya minta maaf karena banyak anggota ikut numpang di rumah masyarakat, kalau ada permasalahan segera melapor ke Babinsa atau Danramil Parengan agar segera diselesaikan,” pungkasnya.. (penrem 082)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here