Dukcapil Go Digital yang diluncurkan Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri. akan diikuti dengan program drive thru Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto.

IM.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dipendukcapil) Kabupaten Mojokerto segera meluncurkan drive thru untuk meningkatkan layanan masyarakat dalam kepengurusan adminitrasi kependudukan (Adminduk). Terobosan ini merupakan bagian dari upaya mensukseskan program nasional Dukcapil Go Digital untuk meningkatkan mutu pelayanan.

“Program drive thru untuk layanan adminduk segera diluncurkan dalam waktu dekat ini,” terang Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Mojokerto, Bambang Eko Wayudi, Senin (1/4/2019).

Program Dukcapil Go Digital memiliki banyak keuntungan bagi masyarakat. Diantaranya bisa melakukan cetak KTP atau KK maupun akta kelahiran di Kantor Kecamatan dengan layanan cepat, satu hari jadi (one day service).

Bambang mengatakan, di era sekarang ini, program layanan publik memang dituntut untuk mengikuti perkembangan tekonologi digital. Termasuk program layanan administrasi kependudukan.


“Kita sudah siap melaksanakan progran nasional Dukcapil Go Digital. Sekarang masih kita ujicoba dan tinggal melaunchingnya saja,” imbuh Bambang.

Menurut Bambang, biasanya penanda tanganan KTP, Kutipan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga mengunakan tanda tangan basah dari Kepala Dispendukcapil.

“Nanti akan diubah menjadi tanda tangan digital (barcode),” tuturnya.

Selain menyiapkan program Dispenduk Go Digital, Dispendukcapil kabupaten Mojokerto juga menyiapkan Drive Thru pengurusan KTP yang ditempatkan di dekat gedung GOR Diknas di Jalan dr. Soekandar, Sooko, Mojokerto. Bambang menjelaskan, Drive Thru ini bisa melayani warga yang KTPnya hilang.

“Jadi nanti warga yang ingin mengurus e-KTP elektronik, asalkan tidak ada perubahan data bisa datang ke Drive Thru. Cukup menempelkan sidik jarinya langsung dicetak,” demikian Bambang. (bra/im) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here