Hutan Seluas 1,5 Hektar di Mojokerto Terbakar
Sejumlah petugas memadamkan kebakaran hutan dengan cara manual

IM.com – Lahan seluas 1,5 Ha di Rumah Perhutani (RPH) Simo, Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Kemlagi, Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, petak 58 A, terbakar Jumat Siang (23/08 – 2019).

Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini, mengatakan, api diduga berasal dari, aktivitas manusia tidak bertanggung jawab.

“Kebakaran telah menghanguskan lahan seluas 1,5 Ha dari luas bakunya 23,9 Ha,” ujar Muhammad Zaini. 

Ada sekitar 15 petugas sigap menangani kebakaran ini. Diantaranya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Asosiasi Perhutani, Kepala Resort Polisi Hutan, Polisi Teritorial, dan Koramil Dawarblandong. 


Para petugas memadamkan kebakaran dengan pemadam manual. Seperti memadamkan titik api menggunakan alat gebyok dan ranting-ranting pohon. 

Jenis tanaman yang terbakar adalah alang alang dan tumbuhan bawah. Sekitar 15 menit kemudian, api sudah berhasil dipadamkan namun lahan yang terbakar mencapai 1,5 hektar dengan kerugian sekitar Rp 33.750.000. 

“Agar tidak merembet di sekitar lahan, petugas membuat ilaran dan sekat bakar agar api tidak meluas,” pungkasnya. (rei/uyo) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here