Pasangan Yoko Priyono-Chairunnisa (baju batik) dan Ikfina Fahmawati-M Al Barra (paling kanan) menghadiri Rapat Pimpinan cabang DPC PPP Kabupaten Mojokerto di Trawas, Sabtu (1/2/2020).

IM.com – Pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Bara (Ikbar) diprediksi memenangkan perebutan rekom Partai Persatuan Pembangunan. Setidaknya dari dukungan di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC), Ikfina-Barra unggul jauh dari pasangan Yoko Priyono-Chairunnisa.

Data yang diperoleh inilahmojokerto.com, dari 18 PAC PPP se-Kabupaten Mojokerto, 14 di antaranya memberikan dukungan untuk Ikfina-Barra. Sementara Yoko-Nisa hanya mendapatkan dukungan dari 4 PAC.

Sebaran dukungan untuk Ikfina-Barra ada di semua dapil. Pasangan ini menguasai dukungan dari PAC di Dapil II (Jatirejo Gondang Pacet, Trawas) dan III (Puri, Sooko, Trowulan).

Kemudian Ikfina-Barra mendominasi di Dapil I (Mojosari, Pungging) dan V (Bangsal, Dlanggu dan Bangsal. Sisanya, dari dua PAC di dapil IV, Kemlagi dan Gedeg.


Sedangkan Yoko-Nisa hanya mendapat dukungan dari PAC Ngoro (Dapil I), Dawarblandong dan Jetis (Dapil IV) serta Kutorejo (Dapil V).

Arah dukungan PAC ini disampaikan dalam Rapat Pimpinan Cabang PPP Kabupaten Mojokerto di Kecamatan Trawas, Sabtu (1/2/2020). Rapimcab ini turut dihadiri kedua pasangan bakal calon, Ikfina-Barra dan Yoko-Nisa serta perwakilan beberapa partai politik lain.

Dukungan mayoritas PAC PPP kepada Ikfina-Barra menguatkan pernyataan Agus Basuki, tim pemenangan Ikbar saat deklarasi pasangan ini, Senin (28/1/2020) lalu. Saat itu, Agus mengatakan, selain pihak Ikfina yang melamar partai, ada beberapa parpol juga aktif melakukan penjajakan ke kubunya, salah satu yang dia benarkan adalah PPP. (Baca: Ini Alasan Tim Pemenangan Ikfina-Barra Borong Rekom Partai).

Sementara bagi Yoko-Nisa, hasil ini seperti antiklimaks. Betapa tidak, saat pengembalian formulir pendaftaran, Yoko-Nisa merupakan pasangan bakal calon yang paling show of force (memamerkan kekuatannya) dengan memobilisasi puluhan massa pendukung ke Kantor DPC PPP.

Namun ini bukanlah hasil akhir dari drama politik perebutan rekom PPP. Yoko-Nisa masih bisa berharap pada keputusan DPP PPP yang memiiki kewenangan menetapkan pasangan calon kepala daerah. Meskipun, peta dukungan PAC itu bisa menjadi cermin menipisnya peluang Yoko-Nisa.

Selain kedua pasangan tersebut, sesungguhnya bakal calon petahana, Pungkasiadi juga ikut memperebutkan tiket partai pemilik 5 kursi di DPRD Kabupaten Mojokerto ini. Namun Pungkasiadi tak memperoleh satu pun dukungan dari PAC. Bupati Mojokerto itu juga tak nampak hadir dalam Rapimcab. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here