Walikota Ika Puspitasari memberi ucapan selamat kepada Gus dan Yuk Kota Mojokerto 2021 Elang Bagus Dwi Tunggal (Gus Elang) dan Dinda Aina Salsabila Diva (Yuk Dinda).

IM.com – Elang Bagus Dwi Tunggal (Gus Elang) dan Dinda Aina Salsabila Diva (Yuk Dinda) terpilih sebagai Gus dan Yuk Kota Mojokerto 2021.  Dua orang ini berhasil mengalahkan 10 pasangan finalis.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyematkan selempang kepada Elang Bagus Dwi Tunggal dan Dinda Aina Salsabila Diva pada malam puncak Grand Final Pemilihan Gus dan Yuk Kota Mojokerto Tahun 2021 di Pendapa Sabha Kridatama Rumah Rakyat, Jumat (12/11/2021). Penyematan ini menandai penobatan gelar Duta Wisata untuk suksesor Gus Rizal dan Yuk Chyntia dari Gus Yuk Kota Mojokerto 2019.

Dalam sambutannya, Ika Puspitasri menyampaikan, 10 pasang finalis merupakan pengemban amanah untuk mempromosikan pariwisata Kota Mojokerto. Ia berpesan agar para duta wisata bisa mengeksplorasi seluruh potensi wisata di Kota Onde-Onde.

Salah satu poin penting adalah mendalami makna dari tema Spirit of Mojopahit. Ini mengingat  Pemkot Mojokerto sedang bersemangat membangun wisata yang berbasis sejarah dan budaya.


“Dengan memahami tema dan wisata yang sudah dibangun maupun yang sedang digagas, tentu ini akan bisa memberikan informasi kepada seluruh calon wisatawan dan bisa menarik orang untuk datang ke Kota Mojokerto,’’ terangnya.

Ning Ita, sapaan karib Walikota Mojokerto, ini mengatakan, berbagai upaya secara simultan telah dilakukan dalam rangka mewujudkan kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya. Bukan hanya tentang Majapahit, sejarah sang proklamator Ir. Sukarno yang  pernah tinggal dan bersekolah di Kota Mojokerto pada 1907-1912 juga digali dengan pembangunan Soekarno Centre.

Selain itu, pembangunan pariwisata juga tidak lepas dari industri ekonomi kreatif (ekraf). Sehingga, Ning Ita juga menggulirkan program inkubasi wirausaha sejak 2019 hingga 2021 ini. Melalui kegiatan tersebut, ribuan warga telah mengikuti pelatihan untuk memproduksi produk kriya, kuliner, hingga  karya ekraf lainnya.

’’Siapa pun yang menjadi pemenang Gus Yuk tahun ini, tentu saya berharap akan menjadi duta wisata yang bisa mempromosikan Kota Mojokerto,’’ tukas walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.

Dalam gelaran Gus Yuk Kota Mojokerto tahun ini juga ada yang berbeda. Karena juga dinobatkan Gus Yuk Berbakat yang disematkan kepada Adam Surya Ramadhana dan Chantika Regellia Putri. Selain itu, Gus Yuk Lalu Lintas disandang Djadhuq Dimas Gelegar Rizky dan Kezia Ave Asafira. Sementara pasangan Muhammad Nur’alim Arrawi  dan Widya Ajeng Ayu Laksmi mendapat gelar Gus Ekonomi Kreatif. Sementara Gus Yuk Kebudayaan diberikan kepada M. Iqbaal Islamay dan Sattiva Chandrasa Wijaya.

Pada grand final Gus Yuk Kota Mojokerto 2021 turut dihadiri Penasihat Ikatan Gus dan Yuk Kota Mojokerto Supriyadi Karima Syaiful, Direktur Jawa Pos Radar Mojokerto M. Nur Kholis, Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, Sekdakot Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Mojokerto.

Selain itu, juga hadir pakar komunikasi Unair Dr Suko Widodo, Ketua Bhayangkari Cabang Mojokerto Kota Sari Anisya, dan Puteri Indonesia Jawa Timur 2022 Adinda Cresheilla. Mereka didapuk menjadi dewan juri pada ajang bergengsi Gus Yuk Kota Mojokerto 2021 ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto Novi Rahardjo menyampaikan, digelarnya Gus dan Yuk Kota Mojokerto merupakan program kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekraf. Dalam malam puncak grand final Gus Yuk Tahun 2021 ini, pihaknya mengambil tagline The Icon.

Novi menjelaskan, tagline The Icon selaras dengan program Wali Kota Ika Puspitasari dalam program pembangunan objek pariwisata. Sentuhan fisik itu kemudian menjadi ikon dan mampu menjadi destinasi wisata. ’

’Kawasan Rumah Rakyat, Rest Area Gunung Gedangan, Pemandian Sekarsari adalah beberpa ikon yang sudah dibangun tahun ini,’’ tuturnya. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here