Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua DPC PD Kabupaten Mojokerto Ayub Busono Listyawan.

IM.com – Internal Partai Demokrat Jawa Timur semakin dinamis jelang puncak pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) periode 2022-2027. Gerbong pendukung Bayu Airlangga yakin calon jagoan mereka bakal terpilih dalam seleksi akhir oleh Tim 3 Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Optimisme itu didasarkan pada sikap AHY yang tercermin melalui pernyataannya saat rangkaian agenda Musda IV PD Jatim di Bumi Perkemahan Prigen, Pasuruan, beberapa waktu lalu. Pria yang akrab disapa Mas Ketum oleh jajaran elit Demokrat itu menegaskan komitmennya melahirkan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur melalui  mekanisme yang fair dan demokratis untuk memelihara soliditas partainya.

“Kita harus bisa menghadirkan rangkaian Musda yang demokratis, hasilnya (ketua terpilih) juga positif, bukan memecah belah. Kita sepakat tidak ada yang ingin Partai Demokrat hancur,” tandas AHY.

Berkaca dari pernyataan AHY itulah, pendukung Bayu Airlangga semakin yakin bakal muncul sebagai pemenang dalam kontestasi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim 2022-2027. Sebab, mayoritas Dewan Pimpinan Cabang (DPC) memberikan suaranya kepada menantu mantan Gubernur yang juga eks Ketua DPD, Soekarwo tersebut.


“Bayu berpeluang besar yang terpilih, karena di musda, dia yang mendapat dukungan paling banyak dari DPC. Kami yakin dengan komitmen Mas Ketum AHY menghormati hasil Musda yang demokratis,” kata Ketua DPC PD Kabupaten Mojokerto pendukung Bayu, Ayub Busono Listyawan, Senin (31/1/2022).

Sebelumnya, Musda IV Partai Demokrat Jawa Timur mengajukan dua kandidat Ketua DPD pilihan DPC selaku konstituen mayoritas ke DPP untuk proses seleksi fit and proper test yang digelar 2 Februari 2022. Sebanyak 25 dari 38 DPC se-Jatim memberikan dukungan kepada Bayu Airlangga, sisanya untuk Emil Elisianto Dardak.

Ayub mengatakan, komitmen AHY menyelenggarakan mekanisme partai secara demokratis sejalan dengan tekadnya yang juga menjadi keinginan seluruh kader Demokrat di daerah untuk menjaga pemilihan ketua DPD jangan sampai memicu konflik internal apalagi memecah belah soliditas partai. Dengan demikian, menurut Ayub, sosok Bayu bakal terpilih karena mendapat dukungan terbesar dari arus bawah.

“Popularitas Emil sebagai Wagub memang lebih bagus dan posisinya strategis untuk partai. Tapi jangan lupakan suara konstituen di bawah yang mayoritas mendukung Bayu, ini yang mampu menjaga soliditas partai,” cetusnya.

Meski demikian, calon Ketua DPD Partai Demokrat Jatim 2022-2027 terpilih tetap ditentukan oleh Tim 3 DPP yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono. Penentuan didasarkan dari hasil fit and proper test 3 Februari nanti, dimana kedua kandidat bakal beradu pemikiran, gagasan dan visi misi untuk masa depan partai. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here