Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Musda Dekopinda) Kota Mojokerto 2022.

IM.com – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak anggota koperasi untuk memanfaatkan kebijakan ini dengan dengan mendaftarkan koperasi masing-masing ke e-katalog lokal JATIM BEJO maupun Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) yang berskala nasional. Ajakan ini seiring kebijakan alokasi 40 persen anggaran pengadaan barang dan jasa untuk produk-produk dalam negeri sesuai Instruksi Presiden.

Walikota yang akrab disapa Ning Ita menyampaikan arahan tersebut saat membuka Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Musda Dekopinda) Kota Mojokerto 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Sabha Krida Tama, Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk 50 Kota Mojokerto pada Minggu (27/3/2022).

“Satu hal penting yang harus panjengan semua tindak lanjuti setelah acara ini adalah sesegera mungkin mendaftarkan koperasi bapak ibu ke e-katalog. Tahun lalu, kami telah mendampingi ada 3 UMKM alas kaki 1 UMKM batik yang sudah kita daftarkan di e-katalog lokal, Jatim Bejo.” kata Ning Ita.

Baca: Ning Ita Dorong 40 Persen Anggaran Belanja APBD untuk Produk UMKM lokal dan Koperasi


Ning Ita menyampaikan bahwa pada tahun 2021 Pemerintah Kota Mojokerto berhasil melakukan pengadaana sebesar 1,3 miliar untuk pengadaan sepatu gratis bagi siswa TK, SD, dan SMP yang dipesan dari UMKM pengrajin sepatu asli Kota Mojokerto. Walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menambahkan, bagi para pengurus koperasi yang belum familiar untuk mendaftarkan diri di e-katalog agar minta pendampingan baik kepada tim verifikator maupun dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag).

“Saya selaku pemangku kepentingan di pemerintah Kota Mojokerto ini telah membentuk tim Percepatan Pengadaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan sekaligus SK Tim Evaluator. Dimana lebih dari 56 persen APBD Kota Mojokerto dari anggaran pengadaan barang dan jasa sudah kita fokuskan untuk UMKM dan koperasi. Silahkan disambut baik kebijakan ini dengan cara mendaftarkan koperasi bapak ibu ke e katalog, bisa e katalog lokal, bisa e katalognya LKPP,” ujarnya.

Musda Dekopinda Kota Mojokerto ini turut dihadiri Sekretaris Dekopinwil Prov Jatim R. Nugroho, Plt Ketua Dekopinda Kota Mojokerto Muhammad Hasan, Ketua Dekopinda Kota Mojokerto Demisioner Ketut Sukena, Kepala DiskopUKMperindag Ani Wijaya serta perwakilan anggota Koperasi se-Kota Mojokerto. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here