Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Suharso Monoarfa dan Direktur Corporate Affairs PT Multi Bintang Indonesia Ika Noviera pada momen pemberian penghargaan Sustainable Business Award (SBA) Indonesia 2022 yang dilaksanakan secara virtual.

IM.com – Perusahaan minuman terkemuka, PT Multi Bintang Indonesia, berhasil meraih penghargaan untuk empat kategori sekaligus pada ajang Sustainable Business Awards (SBA) 2022 berdasar penilaian periode 2020/2021. Raihan ini menjadi bukti komitmen produsen merek Bir Bintang dan Heineken dalam menjalankan strategi bisnis berkelanjutan dan jangka panjang.

PT Multi Bintang Indonesia memenangkan empat kategori penghargaan dalam ajang SBA 2020/2021. Yaitu pemenang Sustainability Strategy dan Water Management serta Significant Achievement untuk kategori Workforce dan Energy Management.

“Merupakan kehormatan bagi kami untuk bisa mendapatkan pengakuan pada empat kategori ini. Meskipun pada 2021 kita semua masih berada di tengah pandemi, komitmen kami terhadap keberlanjutan tidak berubah, dan kami bangga telah mampu memanfaatkan periode ini sebagai momentum untuk menuju tahap berikutnya dan menciptakan dampak positif yang lebih besar lagi bagi lingkungan dan sesama,” kata Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia Ika Noviera.

Penghargaan SBA merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai telah menjadi yang terdepan dalam menjalankan bisnis berkelanjutan. Perusahaan berhasil menggabungkan prinsip tersebut ke dalam strategi jangka panjang bisnis mereka.


Pencapaian Multi Bintang Indonesia yang sukses menyabet 4 kategori penghargaan di SBA 2020/2021 bisa dibilang sebagai prestasi gemilang. Mengingat, ajang ini diikuti perusahaan-peruahaan dari lima negara yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand.

Komitmen kuat Multi Bintang Indonesia terhadap keberlanjutan mengacu pada strategi global Brew A Better World 2030 dari Heinekken. Hal itu terbagi ke dalam tiga area fokus, yaitu Environmental (Tanggung Jawab Lingkungan), Social (Tanggung Jawab Sosial), dan Responsible (Konsumsi yang Bertanggung Jawab), yang diterapkan secara terintegrasi di semua fungsi dalam perusahaan.

Ika menjelaskan, salah satu prioritas di bawah pilar Environmental adalah upaya Multi Bintang Indonesia terkait konservasi air, yang dilakukan dari hulu ke hilir. Mulai dari pengolahan dan penggunaan kembali air limbah di brewery melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Effluent Reclamation Plant (ERP), reforestasi di area-area sumber air, hingga berbagai riset dan pengawasan terhadap kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Semuanya dilakukan untuk menjaga sumber daya air, karena setiap tetesnya sangat berharga. Selain pengelolaan sumber daya air, energi menjadi satu lagi prioritas dalam upaya keberlanjutan Multi Bintang Indonesia,” tandasnya.

Menurut Ika, PT Multi Bintang Indonesia ambisi untuk mencapai karbon netral melalui penggunaan energi terbarukan dan memaksimalkan efisiensi energi. Saat ini, 28 persen dari energi yang digunakan dalam proses produksi berasal dari sumber terbarukan, seperti penggunaan biomassa yang memanfaatkan sekam padi dari sawah di sekitar brewery.

“Fasilitas ERP yang digunakan di brewery Multi Bintang Indonesia dibangun pada 2017, dan merupakan yang pertama di jaringan perusahaan HEINEKEN di seluruh dunia. Terkait penggunaan energi, target kami adalah untuk mencapai 100 persen penggunaan energi dari sumber terbarukan di proses produksi pada 2025,” terangnya.

Tidak hanya terkait lingkungan, Multi Bintang Indonesia juga melakukan serangkaian inisiatif terkait ketenagakerjaan, khususnya untuk memberikan dukungan yang diperlukan para karyawan selama pandemi. Perusahaan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat secara menyeluruh di semua lokasi kerja, termasuk bagi para frontliners dan mereka yang bekerja dari rumah. Dukungan untuk menjaga kesehatan fisik juga dilengkapi dengan sarana untuk menjaga kesehatan mental, dengan penyediaan platform layanan konseling dengan psikolog yang dapat diakses oleh setiap karyawan kapan pun dan di mana pun.

“Semua ini tidak akan dapat terwujud tanpa dukungan dari para mitra kami. Kami percaya bahwa melalui kolaborasi, kita semua dapat meningkatkan skala upaya kita dan menciptakan dampak secara lebih luas,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Ika, tahun ini perusahaannya juga meluncurkan serangkaian kegiatan untuk membuka pintu kolaborasi lebih lebar lagi. Kesempatan itu terbuka bagi siapa pun yang ingin menginspirasi dunia yang lebih baik bersama PT Multi Bintang Indonesia.

“Informasi lebih detail akan kami bagikan dalam beberapa minggu ke depan,” tutup Ika. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here