Para pengurus PWI Jawa Timur menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya.

IM.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur ikut mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui kegiatan jurnalistik dengan insan akademika. Partisipasi diwujudkan melalui kerjasama dengan Fakultas Ilmu komunikasi (Fikom) Universitas dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya.

Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim mengatakan bahwa insan media tidak hanya berkecimpung dalam urusan pemberitaan. Namun juga memiliki tanggung jawab mengamalkan ilmunya, misalnya dengan cara mengenalkan ilmu jurnalistik kepada masyarakat, khususnya mahasiswa.

“Nantinya teman-teman mahasiswa Fikom Unitomo juga bisa langsung terjun ke lapangan. Baik di kegiatan PWI Jawa Timur maupun media yang ada di Jawa Timur,” ujarnya usai melakukan penandatanganan MoU di Kampus Unitomo Surabaya, Kamis (23/6/2022).

Lutfil yang didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Machmud Suhermono dan Pengurus Sie Pendidikan Rossi Rahardjo mengatakan selama ini lulusan mahasiswa  yang masuk ke  dunia jurnalistik banyak yang kesulitan menyesuaikan diri dengan situasi nyata lapangan kerja.  Hal ini karena minimnya pengetahuan mengenai kondisi riil di lapangan.


“Ritme kerja di media massa beda dengan sektor lain. Belum lagi harus menyensuaikan diri dengan cepat karena tia hari bertemu dengan narasumber yang beragam,” katanya. Harapannya, dengan MoU tersebut mahasiswa lebih siap masuk dunia kerja usai lulus dari jenjang pendidikannya.

Sementara itu, Dekan Fikom Unitomo Surabaya, Dr. Harliantara mengaku sangat megapresiasi langkah PWI Jawa Timur. Menurutnya, MoU ini menbuktikan sikap PWI Jawa Timur yang merangkul semua pihak.

“Terutama dunia pendidikan yang melahirkan generasi bangsa,” ucap Harliantara.

Selain mengenalkan dunia kerja secara langsung ke mahasiswa, Fikom Unitomo juga akan mengundang para praktisi media dari PWI Jawa Timur untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa di kampus.

“Nanti akan kami undang untuk berbagi pengalaman dengan mahasiswa di kampus. Teori di kelas beda dengan kondisi di lapanga. Bila mahasiswa mendapatkan semua ilmunya, mereka akan siap terjun ke lapangan,”ujarnya.

Pria yang akrab disapa Harley Prayudha inipun mengatakan bila Fikom Unitomo Surabaya juga siap membantu para jurnalis yang mau melanjutkan kulian ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami memiliki konsentrasi di Media Studies baik untuk jenjang S1 maupun S2,” tutup Harley. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here