Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari usai menyerahkan bantuan usaha Z Chicken dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada para penerima di Rest Area Gunung Gedangan, Sabtu (23/7/2022).

IM.com – DiskopUkm Perindag Kota Mojokerto bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan modal serta peralatan usaha berjualan makanan bermerk Z Chicken senilai total Rp 9 juta. Para penerima bantuan juga mendapat pelatihan kewirausahaan dan pendampingan untuk manajemen usaha.

Bantuan usaha yang diberikan kepada 25 penerima, meliputi modal, gerobak lengkap dengan peralatan memasak dan bahan membuat olahan ayam Z Chicken. Penyerahan dilaksanakan dirangkai dengan kegiatan Senam Koperasi di halaman parkir Rest Area Gunung Gedangan dan donor darah di lantai 2 bangunan rest area dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-75, Sabtu (23/7/2022).

“Total bantuan masing-masing senilai Rp 9 juta. Semuanya diberikan, mulai modal, gerobak, peralatan untuk memasak sampai bahan-bahan seperti tepung dan ayamnya. Masyarakat penerima tinggal mengolah menjadi Z Chicken dan berjualan saja,” kata Ketua Baznas Kota Moojokerto Dwi Hariadi kepada wartawan, Sabtu (23/7/2022).

Dwi menyatakan, setelah mendapatkan bantuan modal dan peralatan usaha ini,  para penerima tidak dilepas begitu saja. Mereka akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan agar usahanya terus berjalan, bahkan bisa berkembang.


“Untuk pelatihan dan pendampingan ini akan dilakukan Diskopukm Perindag Kota Mojokerto. Nantinya juga ada stock point yaitu semacam koperasi yang menyediakan semua keperluan usaha Z Chicken. Bahkan kalau pedagang butuh modal tambahan untuk mengembangkan usaha, juga kami siapkan,” tuturnya.

Dwi menjelaskan, bantuan wirausaha ini merupakan program Baznas yang dihimpun dari zakat maal para muzakki dan ASN se-Indonesia. Adapun nama Z Chicken yang ditetapkan menjadi merk dagang, nama itu diambil dari inisial Zakat.

“Program ini untuk seluruh kota/kabupaten. Sebenarnya sudah berjalan setahun, tapi untuk Kota Mojokerto baru mendapatkannya bulan lalu, sebanyak 25 paket bantuan usaha,” ujar Dwi.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, memperagakan cara menggoreng ayam olahan Z Chicken.

Hal ini dibenarkan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari yang hadir dalam kegiatan senam Koperasi dan penyerahan bantuan usaha. Ia menyebutkan, pemkot mendukung sepenuhnya program bantuan Baznas ini sesuai tupoksinya.

“Pemerintah Kota Mojokerto akan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat yang siap berwirausaha. Hal ini menjadi komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam rangka mendukung program nasional yakni Bangkit memulihkan perekonomian Indonesia,” terang walikota yang akrab disapa Ning Ita.

Sementara itu, Ima, salah satu penerima bantuan usaha mengaku gembira dan beterima kasih kepada Pemkot Mojokerto dan Baznas. Dengan bantuan ini, ia bakal semakin serius berwirausaha untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarganya.

“Saya sudah lima tahun buka warung kopi. Dari bantuan usaha Z Chicken ini, saya akan berjualan di Benteng Pancasila, semoga perekonomian bisa meningkat,” ucap warga Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto ini.

Selain Walikota Mojokerto dan ketua Baznas, acara Senam Koperasi juga dihadiri oleh KaDiskopukm Perindag Kota Mojokerto Ani Wijaya dan Ketua Dekopinda Kota Mojokerto Supriyadi Karima Syaiful. Acara juga dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menghadirkan artis dangdut Jihan Audy. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here