Bupati Ikfina Fahmawati ikut menanam bibit pohon dalam giat program penghijauan 3.000 bibit tanaman Multi Purpose Tree Spesies (MPTS) yang digelar PT BCA Tbk dan Dinas Kehutanan Jatim di kawasan hutan, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (27/8/2022).

IM.com – PT. Bank Central Asia Tbk bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur menanam 3.000 bibit tanaman Multi Purpose Tree Spesies (MPTS) di kawasan hutan, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (27/8/2022). Program penghijauan ini guna meningkatkan luas lahan resapan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan.

Sebanyak 3.000 bibit tanaman MPTS ini disalurkan oleh PT. Bank Central Asia Tbk kantor wilayah III Surabaya. Bibit tersebut terdiri dari 700 bibit Petai, 300 bibit manggis, 200 bibii beringin, 500 durian, 500 alpukat, 300 sukun dan 500 bibit aren.

Kegiatan reboisasi ini diikuti Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. Dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung program penghijauan di wilayah Kelompok Tani Hutan Rimba Makmur selaku pemegang Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS)

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan segenap masyarakat mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Ini sangat penting sekali untuk membantu kita mensejahterakan masyarakat di sekitar hutan,” ungkap Ikfina.


Menurut Ikfina, permasalahan lingkungan saat ini telah banyak menjadi pembicaraan. Hal ini lantaran permasalahan lingkungan tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi sebagian orang saja, tetapi bagi seluruh umat manusia di bumi.

“Selain karena dampaknya, ini juga semakin banyak dibicarakan karena mayoritas masalah tersebut muncul disebabkan oleh aktivitas manusia yang tidak peduli dengan lingkungan,” ujarnya.

Ikfina juga meminta, permasalahan tersebut bisa menjadi perhatian bersama. Ia meyakini bahwa semua tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada kehidupan sekarang dan masa depan, sehingga berakibat pada anak cucu.

“Dan hari ini saya sangat berbangga hati serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT. Bank Central Asia Tbk. yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap permasalahan lingkungan,” ucapnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini juga berharap, bibit yang telah diberikan ini, dapat ditanam dan dipelihara dengan baik oleh para anggota KTH Rimba Makmur, sehingga dapat memberikan manfaat baik dari aspek ekologisnya, berupa meningkatnya tutupan lahan dan memperkuat stabilitas ekosistem yang ada, maupun dari aspek ekonomisnya.

“Dimana ketika tanaman ini sudah besar dapat dimanfaatkan dengan baik hasil buahnya oleh para anggota kelompok,” harapnya.

Turut hadir, Kepala Dinas Provinsi Jatim, Jumadi, Kepala BCA Kanwil III Surabaya, Hendrik Sia, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto, Zaqqi, Kepala Dinas Pertanian, Nurul Istiqomah, Forkopimca Pacet dan Ketua KTH Rimba Makmur. (im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here