Salah satu rumah warga Perumahan Canggu Permai, Kecamatan Jetis, Mojokerto, yang rusak di bagian atap akibat terjangan angin puting beliung, Minggu (8/1/2023) petang.

IM.com – Angin Puting beliung yang melanda Perumahan Canggu Permai, Dusun Balongsono, Desa Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Minggu (8/1/2023) petang, mengakibatkan puluhan rumah rusak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih menghitung kerugian materiil akibat musibah ini.

Berdasarkan keterangan warga, angin puting beliung menyapu perumahan Canggu Permai sekitar pukul 18.15 WIB. Angin kencang berhembus secara tiba-tiba tanpa disertai hujan.

“Menurut keterangan  warga setempat angin puting beliung terjadi pada pukul 18.15 WIB dengan selang waktu 3 – 5 menit,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Supangkat.

Adapun rumah warga yang rusak tersebar di RT  di RT 5 sebanyak 2 unit, RT 15 sebanyak 7 unit, RT 16 sebanyak 3 unit, RT 23 sebanyak 10 unit, dan RT 14 sebanyak 11 unit, dan teras Balai RW. Sementara yang mengalami rusak berat 2 unit, rusak sedang 20 unit, dan rusak ringan 11 unit.


Selain bangunan, angin puting beliung tersebut juga menyebabkan Pohon jenis mangga berdiameter 30 sentimeter tumbang. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Petugas gabungan TNI, Polri, BPBD Kabupaten Mojokerto telah turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan asesmen dampak angin puting beliung. Untuk kerugian akibat bencana itu masih dihitung, sedangkan rumah warga yang rusak untuk sementara ditutupi dengan terpal.

“Petugas melakukan pemotongan pohon dan pemberian terpal pada atap yang rusak untuk penanganan awal,” pungkas Djoko. (cw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here