Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dalam acara ‘Ngobrol Santai Tentang Sampah’ (NGONTES). yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.

IM.com – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Hal itu bisa dimulai dengan mengelola sampah rumah tangga masing-masing.

Imbauan itu disampaikan Bupati Ikfina Fahmawati dalam acara ‘Ngobrol Santai Tentang Sampah’ (NGONTES). Agenda ini digelar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023.

“Walaupun dirasa mustahil untuk mencapai target pengurangan gas rumah kaca, namun tidak ada yang tidak mungkin. Tindakan besar hanya dapat dimulai melalui satu langkah kecil,” kata Ikfina, Selasa (28/2/2023).

Ikfina berharap, melalui acara ini, kesadaran masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah semakin tumbuh. Menurutnya, tanggungjawab pengelolaan sampah harus dilakukan secara bersama.

“Masalah sampah ini tidak bisa dipasrahkan kepada pemerintah saja, ini harus kita kelola bersama dan menjadi tanggungjawab bersama,” tuturnya.

Melalui peringatan HPSN 2023 yang dikemas dalam agenda ini, Bupati Ikfina berharap seluruh undangan yang hadir bisa memanfaatkan waktu untuk belajar bersama terkait pengelolaan sampah.

“Acara hari ini diselenggarakan untuk ngangsu kawruh dari para pihak yang telah mengelola sampahnya. Dari pembelajaran itu kemudian diharapkan dapat direplikasi bahkan dimodifikasi agar lebih baik lagi sesuai dengan kondisi ditempat masing-masing,” jelasnya.

Agenda NGONTES ini pun tampak berbeda dari agenda yang biasanya dilangsungkan oleh Pemkab Mojokerto. Melalui acara ini, panitia pun tidak menyediakan makanan atau minuman yang meninggalkan sampah anorganik. Hal kecil itu diharapkan menjadi langkah awal untuk mengurangi sampah.

“Ayo kelola sampah karena memang tanggung jawab kita. Ayo kelola sampah karena itu menyejahterakan kita. Bersatu bersama melangkah sekarang demi Kabupaten Mojokerto yang bersih dan sehat,” pungkasnya. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini