Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memberikan arahan pada pelatihan pola asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI) kepada TP PKK Desa dan Pokja I se-Kecamatan Sooko, Jumat (18/8/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menekankan 4 prinsip dalam mengasuh anak, yakni penerimaan, menghargai, menguatkan atau penguatan, serta menjaga dan melindungi. Materi tersebut disampaikan dalam agenda pembinaan dan pelatihan pola  asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI) kepada TP PKK Desa dan Pokja I se-Kecamatan Sooko.

Pelatihan PAAREDI berlangsung di ruang rapat Kecamatan Sooko lantai 3, pada Jumat, (18/8/2023) pagi. Bupati Ikfina menjelaskan, sebagai orang tua harus dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan masing-masing anak.

“Semakin orang tua tidak menerima apalagi kemudian membandingkan dengan anak-anak yang lain atau mungkin membandingkan anak yang satu dengan yang lain gitu tidak boleh, kita harus menerima apa adanya,” katanya.

Prinsip kedua yakni menghargai, Ikfina mengatakan, sebagai orang tua harus bisa menghargai anak-anaknya, karena anak memiliki perasaan ingin dihargai oleh orang tuanya.

“Dihargai itu tidak harus dia berprestasi, dia berbuat sesuatu yang sederhana pun itu butuh dihargai, sehingga dia merasa bahwa dia itu berarti untuk orang tuanya tidak hanya diterima tapi membanggakan,” ungkapnya.

Menurut Ikfina, menjadi orang tua harus bisa menguatkan anaknya ketika seorang anak memiliki masalah. dan sebagai orang tua harus menjadi orang pertama untuk diajak berdiskusi terkait dengan masalah yang dialami anak tersebut.

“Maka ketika anak-anak kita ini punya masalah, ya sebaiknya orang tuanya itu ibunya dan ayahnya menjadi orang pertama yang harusnya menjadi tempat dia untuk diskusi,” bebernya.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini