Bupati Ikfina Fahmawati senam jantung sehat bersama masyarakat dalam peringatan Hari Jantung Sedunia di lapangan Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Sabtu (7/10/2023).

IM.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan penyakit jantung (kardiovaskular). Prinsip hidup sehat dapat dilakukan dengan perilaku CERDIK dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Ikfina mengatakan, prinsip CERDIK merupakan akronim dari lima kata. C adalah cek kesehatan secara rutin.


“Didalam tenda tertutup ada pemeriksaan kesehatan yang bisa  dimanfaatkan terutama untuk semua yang usianya sudah di atas 40 tahun,” kata Ikfina dalam peringatan Hari Jantung Sedunia, yang diselenggarakan di lapangan Desa Gedeg, Kecamatan Gedeg, Sabtu (7/10/2023) pagi.

Selanjutnya untuk E, Bupati Ikfina mengimbau agar masyarakat dapat enyahkan asap rokok, karena asap rokok menjadi faktor risiko terbesar pada kematian mendadak. Selain itu, asap rokok juga menjadi resiko terjadi penyakit jantung koroner.

“Kemudian R adalah rajin berolahraga, hari ini kita memanfaatkan bergerak semuanya, kita berolahraga semuanya supaya jantung kita terlatih dan supaya jantung kita sehat agar pembuluh darah kita sampai yang paling kecil semuanya terbuka dan berfungsi untuk metabolisme tubuh kita,” jelasnya.

Sementara itu, untuk D yakni diet seimbang, Bupati Ikfina mengimbau, agar masyarakat dapat membatasi penggunaan minyak goreng, gula, dan garam dalam kehidupan sehari-hari.

Ditambahkannya, dalam menerapkan diet seimbang, masyarakat dapat menerapkan pola makan yang baik dan benar. Antara lain dengan mengurangi porsi makan menjadi 1/3 piring ditambah sayur-sayuran, lauk dan buah.

“Kalau kita diet ya sudah seperti itu, maka semuanya akan sehat, tubuhnya tidak akan ada yang kelebihan berat badan, dan kemudian kondisi jantungnya juga akan sehat,” tambahnya.

40

1
2

1 KOMENTAR

  1. blog artikel bermanfaat terkait terapkan hidup sehat. Mengadopsi pola hidup sehat sangat penting mencegah penyakit, terutama berkaitan dengan jantung. Prosedur medis yang dapat dipertimbangkan dalam penanganan masalah jantung adalah Bypass Jantung, yang digunakan untuk mengatasi penyumbatan pada arteri koroner.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini