Perwakilan 9 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) menerima dana keamanan kerjasama agroforestry tebu dari Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X.

IM.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menyerahkan dana keamanan kerjasama agroforestry tebu sebesar total Rp 459.665.280. Uang tersebut dibagikan kepada 9 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah kerja setempat.

Dana keamanan kerjasama agroforestry tebu diserahkan di Omah Duwur Rumah Dinas Wakil Administrator Mojokerto Barat di Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jumat (23/11/2023). Acara dihadiri oleh Wakil Administratur Utama Mojokerto Barat, Irawan Bintoro Aji, Kepala Seksi Keuangan SDM, Umum dan IT, Kamaryono, Kasi PPB Indah Handayani, Kasi Produksi dan Ekowisata, Suyasman.

Hadir juga  KSS Agrowisata, Agus Priyanto, Asper Ngimbang, Bluluk dan Dradah, perwakilan dari PTPN X, Sudarmawan, Ketua LMDH penerima dana keamanan kerjasama agroforestry tebu.

Adapun sembilan LMDH penerima yakni Tani Makmur Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dradah, Sumber Makmur BKPH Dradah dan Karya Mas dan Bina Humas BKPH Bluluk. Lima LMDH lainnya berada di wilayah BKPH Ngimbang, yakni Wonosari dan Sekar Wono, Hutan Lestari,  Kedung Wangi dan LMDH Wono Koyo.

Administratur KPH Mojokerto Andi Adrian Hidayat melalui Wakilnya Irawan Bintoro Aji mengatakan, penyerahan dana ini merupakan kewajiban Perhutani dan PTPN X dalam rangka menjaga keamanan tebu di wilayah masing-masing LMDH. Menurutnya kerja sama penanaman tebu merupakan amanat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor P.81 Tahun 2016 tentang Dukungan Ketahanan Pangan Melalui Swasembada Gula Nasional Dari Dalam Kawasan Hutan.

“Saya berharap dana keamanan ini bisa bermanfaat dan digunakan untuk usaha produktif LMDH,” kata Irawan.

Baca: Petani Tolak Program Pengembangan Agroforestry Tebu Mandiri di Hutan Kemlagi, Begini Tanggapan Perhutani

Sementara perwakilan PTPN X Sudarmawan mengungkapkan, penyerahan dana keamanan ini adalah bukti keseriusan perusahaannya untuk bekerjasama menyukseskan program swasembada gula sesuai dengan instruksi pemerintah pusat. Ia menegaskan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Perhutani bersama LMDH dalam menciptakan swasembada gula pada lahan hutan.

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini