Peluncuran angkutan umum TransJatim trayek bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Non Ekonomi di Terminal Tipe B Kertajaya Kota Mojokerto, Rabu (24/1/2024).

IM.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi meluncurkan angkutan umum TransJatim rute Mojokerto-Batu via Cangar. Trayek bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Non Ekonomi tersebut diresmikan di Terminal Tipe B Kertajaya Kota Mojokerto, Rabu (24/1/2024).

Acara launching angkutan umum TransJatim trayek Mojokerto-Batu dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama, Sekda Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono. Hadir juga Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Mochamad Agoes Machmoedi.

Pj. Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro menjelaskan, adanya pengembangan pelayanan bus AKDP tersebut merupakan langkah strategis dan solutif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Cara ini, tambahnya, menggunakan pendekatan aglomerasi.

“Sekarang sudah bukan jaman nya masing-masing daerah harus berkompetisi, tapi berkolaborasi. Dengan adanya rute baru ini Mojokerto-Batu via Cangar kita berharap akan menjadi pengungkit ekonomi sehingga masyarakat Mojokerto maupun Batu akan berdampak,” tutur Ali.

Pejabat yang akrab disapa Mas Pj ini menerangkan, tugas pemerintah kota dan kabupaten adalah membuat jejaring yang menghubungkan antar kecamatan, kelurahan maupun antar destinasi wisata. Menurutnya, hal ini sejalan dengan program Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bagaimana seluruh daerah bisa terkoneksi, tidak boleh lagi ada daerah yang termarjinalkan.

“Kita harus paksa masyarakat untuk meninggalkan moda transportasi pribadi dan beralih ke moda transportasi masal yang aman, nyaman, murah, dan tepat waktu,” tegasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono menjelaskan Bus AKDP trayek Mojokerto-Batu via Cangar ini di prakarsai oleh PT. Bagong DKK Makmur menggunakan kendaraan jenis Mitsubishi terbaru, dengan melewati rute Terminal Mojokerto, Pasar Dlanggu, Kutorejo, Bundaran Pacet, Cangar, Bumiaji, dan Terminal Batu.

“Panjang rutenya 57 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam, kemudian interval waktu antar kendaraan itu 1 jam, dengan 6 unit kendaraan, berangkat 3 unit pulang 3 unit dengan kapasitas masing-masing unit 12 orang,” terang Nyono.

Bus AKDP trayek Mojokerto-Batu via Cangar ini akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai dengan 4 sore dengan tarif promo sebesar Rp 30.000.

Terkait keamanan, Nyono memastikan telah dipilih driver yang handal untuk menjamin keamanan dan kenyamanan serta keselamatan penumpang. Selain itu, trayek baru tersebut juga telah dilakukan proses uji coba. (im)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini