Ilustrasi
Ilustrasi

IM.com – Memendam rasa marah dan benci terhadap seseorang, justru bisa mempengaruhi kesehatan metal dan fisik.

Ada baiknya, jika kalian marah atau benci terhadap seseorang bisa melampiaskannya ke hal-hal lain yang sifatnya positif. Agar Anda bisa merasa tenang.

Jangan sampai melampiaskan pada hal yang negatif seperti minum minuman keras, makan tidak teratur, hingga merokok dan narkoba justru akan merugikan diri sendiri.

Seperti dikutip dari Viva.com, pada dasarnya, rasa marah adalah kondisi emosional dasar yang dimiliki oleh setiap manusia.

Ketika rasa marah dipendam terlalu lama, otak akan mengeluarkan hormon kortisol yang menjadi penyebab stres.

“Setiap orang punya kemampuan stres manajemen dan support system. Seseorang bisa mengatur stres, dendam, dan marah yang berlebihan,” jelas Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Lahargo Kembaren, SpKJ.

Menurutnya, jika dibiarkan, akan bertumpuk dan mencari cara mengatasi stres tersebut. Jalan instan yang dipilih biasanya dengan minuman keras, narkoba, merokok, dan junk food. “Tapi cuma sementara dan tidak menyelesaikan dasar masalahnya apa,” papar dr. Lahargo.

Lebih parahnya lagi, ketika seseorang tidak dapat mengatur emosi atau marah dalam dirinya, maka ia akan melampiaskan pada hal yang menyakiti diri sendiri seperti menyayat tangan, memukul-mukul diri sendiri, atau bahkan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Oleh sebab itu, ahli kesehatan jiwa sangat menyarankan agar masyarakat mengenali betul dirinya sendiri agar bisa mengatur emosi yang dirasakannya.

“Maka belajar manajemen stres dan punya support sytem dari lingkungan sekitar,” tegasnya. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini