Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi. IM.com/Karimatul Maslahah/
Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi. IM.com/Karimatul Maslahah/

IM.com – Pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jombang 2024 membludak.

Pantauan di lokasi, terlihat puluhan pendaftar PPK yang sedang mengantre di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang.

Puluhan pendaftar PPK itu, antri untuk dilakukan penelitian serta pencocokan berkas yang telah di upload dengan berkas hard copy yang dibawa oleh pendaftar.

Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, jelang penutupan Pendaftaran PPK Pilkada 2024 membluda, hingga saat ini, pendaftar PPK terhitung 529 orang.

“KPU Jombang punya jadwal perpanjangan selama tiga hari jikalau tidak memenuhi, tapi melihat animo masyarakat pendaftaran sekitar 529 saya rasa sudah mencukupi,” terangnya. Senin (30/4/2024).

Burhan mengatakan setelah dilakukan pendaftaran selanjutnya dilakukan pemeriksaan berkas administrasi, jika di nyatakan lolos administrasi selanjutnya peserta akan mengikuti tes ujian tertulis CAT.

“Insyaallah pelaksanaan akan dilakukan pada tanggal 6 – 8 Mei dan kita sudah berkoordinasi dengan cabang dinas pendidikan tingkat Kabupaten dan pihak sekolah untuk memfasilitasi KPU Jombang untuk melakukan tes tertulis CAT,” pungkasnya.

Salah satu pendaftar, Lin Prasetyowati mengatakan mendaftar PPK karena sudah berpengalaman tiga kali menjadi penyelengara pemilu.

“Tidak sulit sama seperti tahun lalu pendaftarannya masuk di akun SIAKBA calon pendaftar diminta untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu sebelum dapat memulai proses pendaftaran sebagai anggota badan adhoc untuk Pilkada 2024.

Setelah berhasil terdaftar, kita dapat mengikuti proses pendaftaran badan adhoc Pilkada 2024 selama periode seleksi berlangsung, selanjutnya datang ke kantor sekretariat pendaftaran KPU Jombang untuk membawa berkas yang di upload di akun SIAKBA,” pungkasnya. (ima) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini